Miliki ‘Nyawa Kedua’, 10 Orang Ini Tetap Hidup Meski Kepalanya Tertembak

Kamis, 25 Februari 2021 - 11:33 WIB
loading...
Miliki ‘Nyawa Kedua’, 10 Orang Ini Tetap Hidup Meski Kepalanya Tertembak
Ilustrasi foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala adalah bagian paling vital dari anatomi tubuh manusia. Kepala berisi otak yang mengontrol fungsi-fungsi dasar kehidupan. Karenanya jika kepala tertembus peluru, tak diragukan lagi, orang itu kemungkinan besar akan mati. Namun ajaibnya, ada sejumlah orang yang mampu bertahan hidup atau dengan kata lain memiliki ‘nyawa kedua’ meski kepalanya diterjang timah panas senjata.

1. Malala Yousafzai

Miliki ‘Nyawa Kedua’, 10 Orang Ini Tetap Hidup Meski Kepalanya Tertembak


Gadis remaja dari Pakistan pemenang Nobel Perdamaian 2014 ini mampu bertahan hidup dan pulih meski kepalanya tertembus peluru. Pada 2009, Malala menjadi blogger untuk BBC. Saat itu usianya baru sebelas tahun. Ia perempuan berani yang hidup di bawah kekuasaan Taliban.

Ia pergi ke Lembah Swat Pakistan untuk mengenyam pendidikan. Namun, pada 2012 tiba-tiba terjadi hujan tembakan akibat serangan Taliban. Kepala Malala tertembak hingga bagian dari tengkoraknya pecah. Karena rumah sakit setempat tak mampu melakukan operasi, Malala lalu diterbangkan ke Rumah Sakit Brimingham, Inggris. Setahun kemudian, Malala sembuh dari cedera kepala serius dan mampu pulih seperti sedia kala hingga saat ini. (Baca: 5 Peristiwa Genosida Paling Kejam Dalam Sejarah Modern)

2. Alistair McKinney

Miliki ‘Nyawa Kedua’, 10 Orang Ini Tetap Hidup Meski Kepalanya Tertembak


Ia berpangkat sersan di Batalion Resimen Kerajaan Irlandia. Saat tugas jaga rutin di pos pengawasan di Pakistan, kepalanya tertembus peluru penembak jitu milisi Taliban. McKinney koma selama beberapa tahun. Saat itu usianya menjelang 33 tahun. McKinney tak dapat mengingat bagaimana detik-detik peluru bersarang di tempurung kepalanya.

Ia mengalami beberapa infeksi termasuk tuberculosis. Ia juga sempat kehilangan penglihatan. Tiga tahun setelah penembakan, McKinney masih menjalani perawatan intensif. Ajaib, ia akhirnya sembuh total dan kembali menjalani kehidupan normal.

3. Darnal Mundy
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)