AS Pertimbangkan Kirim Senjata ke Ukraina

Selasa, 25 Juli 2017 - 13:53 WIB
AS Pertimbangkan Kirim Senjata ke Ukraina
AS Pertimbangkan Kirim Senjata ke Ukraina
A A A
WASHINGTON - Perwakilan khusus Amerika Serikat (AS) untuk Ukraina yang baru, Kurt Volker mengatakan, Washington tengah meninjau kemungkinan mengirimkan senjata ke Ukraina. Mempersenjatai pasukan pemerintah Ukraina mungkin bisa mengubah pendekatan Moskow.

Menurut Volker, langkah tersebut tidak akan provokatif.

"Senjata pertahanan, yang akan memungkinkan Ukraina mempertahankan diri, dan untuk mengambil tank misalnya, benar-benar akan membantu untuk menghentikan ancaman yang mengancam Rusia," kata Volker.

"Saya tidak lagi memprediksi ke mana kita membahas hal ini, itu masalah untuk diskusi dan keputusan lebih lanjut, tapi saya pikir argumen itu akan sangat provokatif bagi Rusia atau memperkuat Ukraina justru akan membuatnya mundur," tambahnya seperti dikutip dari BBC, Selasa (25/7/2017).

Dia mengatakan keberhasilan dalam membangun perdamaian di timur Ukraina akan memerlukan apa yang dia sebut dialog strategis baru dengan Rusia.

Volker adalah mantan perwakilan tetap AS untuk NATO dan diangkat ke peran barunya awal bulan ini.

PBB mengatakan lebih dari 10.000 orang tewas sejak konflik Ukraina timur meletus pada bulan April 2014, segera setelah Rusia mencaplok semenanjung Crimea di Ukraina. Pertempuran tersebut telah membuat lebih dari 1,6 juta orang mengungsi.

Sebuah gencatan senjata disetujui di Minsk pada bulan Februari 2015, namun persyaratannya tidak terpenuhi.

Pekan lalu militer Ukraina mengatakan lima tentaranya tewas dalam baku tembak berat di utara Donetsk. Tiga tentara Ukraina juga tewas sebelumnya ketika sebuah tambang meledak, kata militer.

Departemen Luar Negeri AS menyebutnya periode satu hari paling mematikan di tahun 2017 di konflik timur Ukraina. Dalam sebuah pernyataan video, departemen tersebut menyalahkan pemberontak pimpinan Rusia untuk serangan tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3942 seconds (0.1#10.140)