Perang Besar Hamas-Israel: Operasi Badai al-Aqsa vs Operasi Pedang Besi

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 23:19 WIB
loading...
A A A
-Media Israel melaporkan bahwa orang-orang bersenjata melepaskan tembakan terhadap orang-orang yang lewat di kota Sderot, dan rekaman yang beredar di media sosial menunjukkan bentrokan di jalan-jalan kota serta orang-orang bersenjata di dalam jip berkeliaran di pedesaan. Sebuah laporan menyatakan bahwa milisi Hamas telah menguasai beberapa pusat pemukiman sipil Israel, di mana penduduknya meminta bantuan dari pemerintah mereka.

-Serangan pagi ini terjadi pada Simchat Torah, hari libur yang jatuh menjelang akhir festival Yahudi selama seminggu yang dikenal sebagai Sukkot, atau Hari Raya Pondok Daun.

-Juru bicara Hamas Khaled Qadomi mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Operasi Badai al-Aqsa adalah respons terhadap semua kekejaman yang dihadapi warga Palestina selama beberapa dekade.

“Kami ingin masyarakat internasional menghentikan kekejaman di Gaza, terhadap rakyat Palestina, tempat suci kami seperti Al-Aqsa. Semua hal inilah yang menjadi alasan di balik dimulainya pertempuran ini,” katanya.

“Ini adalah hari pertempuran terbesar untuk mengakhiri pendudukan terakhir di bumi,” imbuh komandan al-Qassam, Mohammed Deif, seraya menambahkan bahwa 5.000 roket telah diluncurkan.

“Setiap orang yang mempunyai senjata harus mengeluarkannya. Waktunya telah tiba,” kata Deif.

-Hamas menyerukan pejuang perlawanan di Tepi Barat serta negara-negara Arab dan Islam untuk bergabung dalam pertempuran tersebut.

Operasi Pedang Besi Israel


-Militer Israel mengumumkan telah meluncurkan Operasi Pedang Besi terhadap kelompok Hamas di Jalur Gaza, Palestina.

-Lusinan jet tempur melakukan serangan terhadap target-target Hamas di Jalur Gaza.

-Pejabat Palestina mengatakan serangan Israel di Gaza telah menewaskan 198 orang dan melukai hampir 1.000 orang lainnya.

-Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan negaranya berada dalam perang yang “akan dimenangkannya”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)