Akhiri Krisis Qatar, Menlu AS Menyambangi Teluk

Selasa, 11 Juli 2017 - 16:22 WIB
Akhiri Krisis Qatar, Menlu AS Menyambangi Teluk
Akhiri Krisis Qatar, Menlu AS Menyambangi Teluk
A A A
KUWAIT CITY - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Rex Tillerson, tiba di Kuwait untuk melakukan pembicaraan menyelesaikan krisis Qatar. Tillerson akan mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin di Kuwait, Qatar dan Arab Saudi.

Penasihat senior Tillerson, RC Hammond mengatakan, ia akan mencari cara untuk mengakhiri jalan buntu menyusul penolakan Qatar atas 13 tuntutan yang dikeluarkan Arab Saudi Cs sebagai syarat untuk mengakhiri sanksi.

"Perjalanan ke Arab Saudi dan Qatar adalah tentang seni yang mungkin terjadi," kata Hammond seperti dikutip dari Reuters, Selasa (11/7/2017).

Hammond menambahkan bahwa 13 tuntutan telah dilakukan dan tidak layak untuk dipulihkan kembali sebagai sebuah paket. "Secara individual ada hal-hal di sana yang dapat bekerja," ucapnya.

Tuntutan tersebut mencakup penutupan Al Jazeera, jaringan televisi pan-Arab yang berbasis di Qatar, dan sebuah pangkalan militer Turki di Qatar. Arab Saudi dan pendukungnya, yang menuduh Al Jazeera sebagai platform bagi ekstremis dan pengganggu, telah mengancam sanksi lebih lanjut terhadap emirat tersebut. Namun Al Jazeera membantah tuduhan tersebut.

Riyadh dan sekutu-sekutunya menuduh Qatar membiayai kelompok ekstremis dan bersekutu dengan Iran, saingan regional negara-negara Arab Teluk itu. Qatar membantah mendukung organisasi militan. Banyak ahli melihat blokade tersebut sebagai upaya Arab Saudi untuk mengendalikan kebijakan luar negeri Qatar yang semakin independen.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3897 seconds (0.1#10.140)