Siapa Matt Gaetz? Politikus yang Menggulingkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 05:25 WIB
loading...
A A A
Lima dari delapan anggota Partai Republik yang memilih untuk memecat McCarthy berasal dari kaukus garis keras.

5. Pemecah Belah Partai Republik

Siapa Matt Gaetz? Politikus yang Menggulingkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy

Foto/Reuters

Christian Fong, seorang profesor ilmu politik di Universitas Michigan, mengatakan perpecahan di antara anggota DPR dari Partai Republik sebagian besar disebabkan oleh taktik, bukan kebijakan.

Hampir semua anggota Partai Republik setuju untuk memangkas pengeluaran pemerintah untuk mengatasi apa yang mereka lihat sebagai bom waktu utang nasional.

McCarthy bersedia berkompromi dengan Partai Demokrat untuk menaikkan plafon utang awal tahun ini dan bulan ini untuk mendanai pemerintah sementara. Namun Gaetz dan sekutunya menginginkan sikap yang lebih agresif dari pembicara, kata Fong, bahkan jika hal itu berarti membiarkan penutupan pemerintahan untuk mendapatkan konsesi.

“Saya rasa tidak benar untuk mengatakan bahwa mereka adalah anggota Partai Republik yang paling ekstrem atau paling konservatif,” kata Fong tentang delapan anggota Partai Republik yang akhirnya memecat McCarthy.

Faktanya, Gaetz memiliki banyak pandangan yang sama dengan anggota parlemen sayap kiri: Dia menentang intervensi militer asing, mendukung dekriminalisasi obat-obatan terlarang tertentu seperti mariyuana, dan menyetujui pengaturan perusahaan teknologi besar.

Namun, anggota parlemen tersebut sering digambarkan sebagai orang yang berhaluan sayap kanan. Fong mengatakan Gaetz mungkin mendapatkan label tersebut karena sifat agresifnya, bukan ideologinya.

“Saya pikir mungkin ini adalah istilah yang keliru,” katanya. “Dan hal ini mungkin terjadi ketika orang-orang tertentu menggunakan istilah seperti ‘sayap kanan’, mereka tidak terlalu sering menggunakannya untuk menggambarkan posisi kebijakan, melainkan untuk menggambarkan pendekatan terhadap politik.”
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)