Siapa Matt Gaetz? Politikus yang Menggulingkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 05:25 WIB
loading...
Siapa Matt Gaetz? Politikus yang Menggulingkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy
Matt Gaetz dikenal sebagai politikus berhaluan konservatif. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat Matt Gaetz memimpin sekelompok pembangkang Partai Republik untuk memecat Ketua DPR Kevin McCarthy dalam pemungutan suara bersejarah minggu ini.

Dalam salah satu momen paling dramatis dari penggulingan Selasa (3/10/2023), Garret Graves mengangkat telepon seluler tinggi-tinggi di lantai DPR, yang dimaksudkan untuk menunjukkan pesan teks dari kampanye Gaetz.

“Menggunakan tindakan resmi – tindakan resmi – untuk mengumpulkan uang,” kata Graves, suaranya meninggi karena marah saat dia merujuk pada pesan teks tersebut. “Itulah yang menjijikkan tentang Washington.”

Gaetz menjadi sasaran rekan-rekannya minggu ini ketika dia memimpin upaya yang berhasil untuk menggulingkan McCarthy, pemimpin DPR dari Partai Republik.

Namun Gaetz – seorang tokoh kontroversial dalam politik AS – tidak terpengaruh. Faktanya, dia melancarkan serangan terhadap Graves dan seluruh lembaga politik, sebuah tanda semakin terpecahnya sifat Partai Republik modern.



“Dalam hal cara mengumpulkan uang, saya tidak berceramah untuk meminta orang Amerika yang patriotik untuk mempertimbangkan dan berkontribusi dalam perjuangan ini dari mereka yang akan merendahkan diri dan bertekuk lutut pada para pelobi dan kepentingan khusus yang memiliki kepemimpinan kita,” kata Gaetz, menanggapi kritiknya dan memicu ejekan sebagai balasannya.

Pada akhir Selasa malam, McCarthy telah dicopot dari jabatannya sebagai ketua DPR, dan badan legislatif berantakan, tanpa pemimpin yang jelas untuk mengarahkan urusannya.

Berikut adalah 5 fakta terkait Matt Gaetz yang menggulingkan ketua DPR AS.

1. Politikus Anti-kemapanan

Siapa Matt Gaetz? Politikus yang Menggulingkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy

Foto/Reuters

Namun para ahli mengatakan pemecatan McCarthy adalah kemenangan bagi tokoh-tokoh anti kemapanan seperti Gaetz, yang menggarisbawahi keunggulan mereka – dan kesediaan mereka untuk menggunakan kekuasaan mereka dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Gaetz mempunyai reputasi mengundang pertarungan politik," kata Adam Cayton, profesor ilmu politik di University of West Florida. Anggota kongres bahkan menamai podcastnya dan bukunya tahun 2020 “Firebrand”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)