Siapa Matt Gaetz? Politikus yang Menggulingkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 05:25 WIB
loading...
A A A
Gaetz mengatakan keluhan utamanya terhadap McCarthy adalah kegagalan mantan ketua parlemen tersebut dalam membagi anggaran federal menjadi beberapa undang-undang untuk mengendalikan pemerintahan.

Trump sendiri memperkuat tren anti kemapanan dalam kampanyenya untuk menjadi presiden, memperkuat statusnya dengan kemenangannya di Gedung Putih.

“Sayap Freedom Caucus terdiri dari banyak anggota junior yang termotivasi untuk mencalonkan diri sesuai citra Trump, dan dengan cara ini, mereka mengambil pendekatan umum, yaitu menciptakan kekacauan dan tontonan media,” ungkap Meredith Conroy, profesor ilmu politik di California State University, San Bernardino, mengatakan kepada Al Jazeera melalui email.

“Ada beberapa anggota Kaukus Kebebasan yang sudah ada sebelum Trump, namun terpilihnya Trump telah menguatkan mereka untuk juga menolak pemerintahan yang sebenarnya.”

4. Berambisi Menjadi Poliikus Berpengaruh

Siapa Matt Gaetz? Politikus yang Menggulingkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy

Foto/Reuters

Namun Cayton, profesor ilmu politik, yakin motif Gaetz lebih dari sekadar pernyataan publiknya.

Dia mengatakan Gaetz mewakili generasi baru yang berafiliasi dengan Trump, “konservatif yang agresif dan didorong oleh media sosial”. Dan dengan kudetanya terhadap McCarthy, Gaetz mengubah dirinya menjadi salah satu legislator paling terkemuka di DPR.

“Jika Anda adalah anggota junior Kongres yang ingin meningkatkan pengaruhnya di partai Anda, mencari cara untuk menggunakan pengaruh… adalah cara yang baik untuk melakukan hal tersebut,” kata Cayton.

Cayton menambahkan, para pemilih sering kali skeptis terhadap institusi dan pemimpin, terutama dari pihak Partai Republik, sehingga membuat marah para politisi papan atas tidak selalu berdampak buruk secara politik.

“Secara politik bermanfaat bagi anggota Kongres yang konservatif untuk berkampanye mengkritik para pemimpin partai mereka sendiri,” kata Cayton.

Kesediaan untuk menentang para pemimpin partai – dan terkadang, norma-norma politik – terutama terlihat dalam kebangkitan Kaukus Kebebasan DPR yang berhaluan sayap kanan, yang didirikan pada tahun 2015.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)