Siapa Matt Gaetz? Politikus yang Menggulingkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 05:25 WIB
loading...
Siapa Matt Gaetz? Politikus yang Menggulingkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy
Matt Gaetz dikenal sebagai politikus berhaluan konservatif. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat Matt Gaetz memimpin sekelompok pembangkang Partai Republik untuk memecat Ketua DPR Kevin McCarthy dalam pemungutan suara bersejarah minggu ini.

Dalam salah satu momen paling dramatis dari penggulingan Selasa (3/10/2023), Garret Graves mengangkat telepon seluler tinggi-tinggi di lantai DPR, yang dimaksudkan untuk menunjukkan pesan teks dari kampanye Gaetz.

“Menggunakan tindakan resmi – tindakan resmi – untuk mengumpulkan uang,” kata Graves, suaranya meninggi karena marah saat dia merujuk pada pesan teks tersebut. “Itulah yang menjijikkan tentang Washington.”

Gaetz menjadi sasaran rekan-rekannya minggu ini ketika dia memimpin upaya yang berhasil untuk menggulingkan McCarthy, pemimpin DPR dari Partai Republik.

Namun Gaetz – seorang tokoh kontroversial dalam politik AS – tidak terpengaruh. Faktanya, dia melancarkan serangan terhadap Graves dan seluruh lembaga politik, sebuah tanda semakin terpecahnya sifat Partai Republik modern.



“Dalam hal cara mengumpulkan uang, saya tidak berceramah untuk meminta orang Amerika yang patriotik untuk mempertimbangkan dan berkontribusi dalam perjuangan ini dari mereka yang akan merendahkan diri dan bertekuk lutut pada para pelobi dan kepentingan khusus yang memiliki kepemimpinan kita,” kata Gaetz, menanggapi kritiknya dan memicu ejekan sebagai balasannya.

Pada akhir Selasa malam, McCarthy telah dicopot dari jabatannya sebagai ketua DPR, dan badan legislatif berantakan, tanpa pemimpin yang jelas untuk mengarahkan urusannya.

Berikut adalah 5 fakta terkait Matt Gaetz yang menggulingkan ketua DPR AS.

1. Politikus Anti-kemapanan

Siapa Matt Gaetz? Politikus yang Menggulingkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy

Foto/Reuters

Namun para ahli mengatakan pemecatan McCarthy adalah kemenangan bagi tokoh-tokoh anti kemapanan seperti Gaetz, yang menggarisbawahi keunggulan mereka – dan kesediaan mereka untuk menggunakan kekuasaan mereka dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Gaetz mempunyai reputasi mengundang pertarungan politik," kata Adam Cayton, profesor ilmu politik di University of West Florida. Anggota kongres bahkan menamai podcastnya dan bukunya tahun 2020 “Firebrand”.

“Dia menjadi sorotan. Dia dengan cepat memasukkan dirinya ke dalam konflik. Dia menempatkan dirinya di tengah-tengah aksi mungkin untuk meningkatkan profil dan pengakuan namanya,” kata Cayton kepada Al Jazeera.

2. Berhaluan Konservatif

Siapa Matt Gaetz? Politikus yang Menggulingkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy

Foto/Reuters

Gaetz, yang mewakili distrik konservatif di wilayah Panhandle Florida, memprakarsai mosi untuk mengosongkan jabatan ketua McCarthy pada hari Senin, yang memicu perjuangan selama dua hari untuk menarik palu dari tangan pemimpin tersebut.

Dia akhirnya bergabung dalam perjuangannya dengan tujuh anggota Partai Republik dan seluruh kaukus Demokrat, mendapatkan mayoritas di majelis yang beranggotakan 435 orang. Pemungutan suara menghasilkan 216-210 yang mendukung pemecatan McCarthy.

Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Amerika seorang ketua DPR dicopot dari jabatannya.

Sebagai ketua DPR, McCarthy memimpin mayoritas Partai Republik di DPR – salah satu dari dua kamar di Kongres AS, yang bertugas mengesahkan undang-undang, membuat alokasi anggaran, dan melakukan pengawasan terhadap pemerintah.

Namun mayoritas tipis itu membuat setiap suara Partai Republik menjadi semakin penting untuk meloloskan undang-undang. Gaetz dan anggota Partai Republik lainnya telah menggunakan kekuatan tersebut untuk memajukan agenda politik mereka.

3. Loyalis Donald Trump

Siapa Matt Gaetz? Politikus yang Menggulingkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy

Foto/Reuters

Jadi bagaimana Gaetz, seorang anggota parlemen berusia 41 tahun dengan pengalaman kurang dari tujuh tahun di DPR, bisa membalikkan keadaan dan melengserkan pemimpinnya?

Gaetz, mantan perwakilan negara bagian Florida, terpilih menjadi anggota Kongres pada tahun 2016, tahun yang sama ketika Donald Trump menjabat sebagai presiden. Dia segera menjadi terkenal karena semangatnya membela Trump ketika kontroversi muncul, seperti yang sering terjadi.

Dia juga menganut kebijakan luar negeri yang isolasionis dan menampilkan dirinya sebagai orang yang tidak takut mengganggu sayap tradisional Partai Republik.

Hal ini terlihat pada tahun 2023, ketika Gaetz memperjuangkan penentangan terhadap pencalonan McCarthy sebagai ketua DPR AS. Meskipun McCarthy juga merupakan sekutu Trump, Gaetz menolak mendukungnya sebagai pemimpin DPR, sehingga memerlukan 15 putaran pemungutan suara sebelum ketua DPR terpilih.

Gaetz mengatakan keluhan utamanya terhadap McCarthy adalah kegagalan mantan ketua parlemen tersebut dalam membagi anggaran federal menjadi beberapa undang-undang untuk mengendalikan pemerintahan.

Trump sendiri memperkuat tren anti kemapanan dalam kampanyenya untuk menjadi presiden, memperkuat statusnya dengan kemenangannya di Gedung Putih.

“Sayap Freedom Caucus terdiri dari banyak anggota junior yang termotivasi untuk mencalonkan diri sesuai citra Trump, dan dengan cara ini, mereka mengambil pendekatan umum, yaitu menciptakan kekacauan dan tontonan media,” ungkap Meredith Conroy, profesor ilmu politik di California State University, San Bernardino, mengatakan kepada Al Jazeera melalui email.

“Ada beberapa anggota Kaukus Kebebasan yang sudah ada sebelum Trump, namun terpilihnya Trump telah menguatkan mereka untuk juga menolak pemerintahan yang sebenarnya.”

4. Berambisi Menjadi Poliikus Berpengaruh

Siapa Matt Gaetz? Politikus yang Menggulingkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy

Foto/Reuters

Namun Cayton, profesor ilmu politik, yakin motif Gaetz lebih dari sekadar pernyataan publiknya.

Dia mengatakan Gaetz mewakili generasi baru yang berafiliasi dengan Trump, “konservatif yang agresif dan didorong oleh media sosial”. Dan dengan kudetanya terhadap McCarthy, Gaetz mengubah dirinya menjadi salah satu legislator paling terkemuka di DPR.

“Jika Anda adalah anggota junior Kongres yang ingin meningkatkan pengaruhnya di partai Anda, mencari cara untuk menggunakan pengaruh… adalah cara yang baik untuk melakukan hal tersebut,” kata Cayton.

Cayton menambahkan, para pemilih sering kali skeptis terhadap institusi dan pemimpin, terutama dari pihak Partai Republik, sehingga membuat marah para politisi papan atas tidak selalu berdampak buruk secara politik.

“Secara politik bermanfaat bagi anggota Kongres yang konservatif untuk berkampanye mengkritik para pemimpin partai mereka sendiri,” kata Cayton.

Kesediaan untuk menentang para pemimpin partai – dan terkadang, norma-norma politik – terutama terlihat dalam kebangkitan Kaukus Kebebasan DPR yang berhaluan sayap kanan, yang didirikan pada tahun 2015.

Lima dari delapan anggota Partai Republik yang memilih untuk memecat McCarthy berasal dari kaukus garis keras.

5. Pemecah Belah Partai Republik

Siapa Matt Gaetz? Politikus yang Menggulingkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy

Foto/Reuters

Christian Fong, seorang profesor ilmu politik di Universitas Michigan, mengatakan perpecahan di antara anggota DPR dari Partai Republik sebagian besar disebabkan oleh taktik, bukan kebijakan.

Hampir semua anggota Partai Republik setuju untuk memangkas pengeluaran pemerintah untuk mengatasi apa yang mereka lihat sebagai bom waktu utang nasional.

McCarthy bersedia berkompromi dengan Partai Demokrat untuk menaikkan plafon utang awal tahun ini dan bulan ini untuk mendanai pemerintah sementara. Namun Gaetz dan sekutunya menginginkan sikap yang lebih agresif dari pembicara, kata Fong, bahkan jika hal itu berarti membiarkan penutupan pemerintahan untuk mendapatkan konsesi.

“Saya rasa tidak benar untuk mengatakan bahwa mereka adalah anggota Partai Republik yang paling ekstrem atau paling konservatif,” kata Fong tentang delapan anggota Partai Republik yang akhirnya memecat McCarthy.

Faktanya, Gaetz memiliki banyak pandangan yang sama dengan anggota parlemen sayap kiri: Dia menentang intervensi militer asing, mendukung dekriminalisasi obat-obatan terlarang tertentu seperti mariyuana, dan menyetujui pengaturan perusahaan teknologi besar.

Namun, anggota parlemen tersebut sering digambarkan sebagai orang yang berhaluan sayap kanan. Fong mengatakan Gaetz mungkin mendapatkan label tersebut karena sifat agresifnya, bukan ideologinya.

“Saya pikir mungkin ini adalah istilah yang keliru,” katanya. “Dan hal ini mungkin terjadi ketika orang-orang tertentu menggunakan istilah seperti ‘sayap kanan’, mereka tidak terlalu sering menggunakannya untuk menggambarkan posisi kebijakan, melainkan untuk menggambarkan pendekatan terhadap politik.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)