Dua Teroris Ledakkan Bom di Ibu Kota Turki

Minggu, 01 Oktober 2023 - 17:40 WIB
loading...
A A A
Ledakan itu terjadi hampir setahun setelah enam orang tewas dan 81 luka-luka dalam ledakan di jalan pejalan kaki yang sibuk di pusat kota Istanbul. Turki menyalahkan militan Kurdi atas hal tersebut.

Selama serangkaian kekerasan pada tahun 2015 dan 2016, militan Kurdi, ISIS, dan kelompok lain mengeklaim atau disalahkan atas beberapa serangan di kota-kota besar Turki.

Pada bulan Maret 2016, 37 orang tewas di Ankara ketika sebuah mobil berisi bom meledak di pusat transportasi yang ramai.

Kepala jaksa penuntut Ankara pada Minggu meluncurkan penyelidikan atas apa yang disebutnya sebagai serangan teroris.

Presiden Recep Tayyip Erdogan dijadwalkan akan menghadiri pembukaan sidang Parlemen pada pukul 19.30, yang dalam beberapa minggu mendatang diperkirakan akan mempertimbangkan meratifikasi upaya Swedia untuk bergabung dengan NATO setelah Turki mengajukan keberatan awal.

Media Turki melaporkan bahwa pihak berwenang sedang melakukan pemeriksaan di kantor Parlemen setelah ledakan hari ini. Seorang sumber mengatakan kepada Reuters bahwa pintu masuk terbuka tetapi tidak ada mobil yang diizinkan masuk sebagai bagian dari tindakan pencegahan.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)