Nagorno-Karabakh Nyaris Kosong setelah 100.000 Penduduk Lari ke Armenia

Minggu, 01 Oktober 2023 - 15:27 WIB
loading...
A A A
Artak Beglaryan, mantan pejabat separatis, mengatakan bahwa menurut informasi tidak resmi, "kelompok terakhir" penduduk Nagorno-Karabakh sedang dalam perjalanan ke Armenia pada hari Sabtu.

“Paling banyak yang tersisa hanya beberapa ratus orang, sebagian besar adalah pejabat, pegawai layanan darurat, relawan, dan beberapa orang berkebutuhan khusus,” tulisnya di media sosial.

Armenia menuduh Azerbaijan melakukan kampanye "pembersihan etnis" untuk membersihkan Nagorno-Karabakh dari penduduk etnis Armenia.

Namun Baku membantah klaim tersebut dan secara terbuka meminta penduduk etnis Armenia di wilayah tersebut untuk tetap tinggal dan “berintegrasi kembali” ke Azerbaijan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan akan mengirimkan misi ke Nagorno-Karabakh akhir pekan ini, terutama untuk menilai kebutuhan kemanusiaan. Ini menjadi yang pertama kalinya badan internasional tersebut memiliki akses ke wilayah Nagorno-Karabakh dalam waktu sekitar 30 tahun.

Armenia telah meminta pengadilan tertinggi PBB untuk mengambil tindakan segera guna melindungi penduduk daerah kantong tersebut.

Yerevan juga mendesak Mahkamah Internasional (ICJ) untuk memastikan bahwa Azerbaijan tidak akan menggusur etnis Armenia yang tersisa di Nagorno-Karabakh atau mencegah "kembalinya dengan aman dan cepat" mereka yang telah melarikan diri.

Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah pada hari Jumat mengumumkan permohonan darurat sebesar 20 juta Franc Swiss ($22 juta) untuk membantu para pengungsi.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)