10 Fakta Menarik Revolusi Oktober, Salah Satunya Terjadi di Bulan November

Rabu, 27 September 2023 - 21:30 WIB
loading...
A A A
Karena tsar terus membubarkan Duma-Parlemen Rusia dengan cara yang diktator, rakyat menjadi kelelahan. Telah terjadi kerusuhan serius di Petrograd – sekarang St Petersburg, dan meskipun tidak ada pemimpin yang jelas pada saat itu, masyarakat mulai melakukan kerusuhan karena kekurangan makanan.

Ini mengakhiri kekuasaan 300 tahun kekuasaan Romanov di Rusia.

5. Nasionalisasi institusi


Peristiwa ini merupakan titik balik di Rusia. Hal ini menyebabkan nasionalisasi bank dan industri dan kaum Bolshevik menentang privatisasi dan kepemilikan pribadi atas properti.

Revolusi Oktober berujung pada berdirinya negara Marxis pertama di dunia.

6. Perubahan hak milik

Setelah itu, tiba saatnya para petani bersinar karena mereka diperbolehkan merampas tanah dari para bangsawan, sesuatu yang sangat asing bagi Rusia karena kepemimpinan saat ini menjadikan tanah tersebut sebagai milik sosial.

Para petani adalah kelompok yang marah; mereka mengalami kondisi kerja yang sangat buruk, para petani menggunakan metode yang ketinggalan jaman, mereka harus membayar pajak yang besar, kepadatan penduduk di kota-kota dan menjalani kehidupan yang menyedihkan.

Mereka tidak memiliki kondisi sanitasi yang cukup baik untuk bekerja dengan baik dan pimpinan tidak peduli. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan dan keresahan di kalangan masyarakat karena Rusia juga tertinggal dibandingkan negara-negara Eropa lainnya yang mengalami kemajuan. Warga menjadi marah.

7. Hal ini diprakarsai oleh Partai Bolshevik

10 Fakta Menarik Revolusi Oktober, Salah Satunya Terjadi di Bulan November

Foto/Wikipedia

Jadi, Anda bertanya, ide siapa yang melakukan kudeta? Pelaku kudeta yang berujung pada salah satu revolusi paling transformatif di Eropa adalah Partai Bolshevik, sebuah partai kelas pekerja yang menganggap dirinya sebagai cikal bakal revolusi di Rusia.

Vladimir Lenin dan Leon Trotsky adalah dalang Revolusi Oktober. Lenin telah membentuk Partai Bolshevik dan berada di pengasingan hingga sebelum revolusi dimulai; sementara Trotsky adalah anggota Komite Sentral Bolshevik.

8. Tidak semua orang mengapresiasi kepemimpinan baru

Kepemimpinan adalah cara untuk menyebut bentuk pemerintahan yang digunakan Lenin dan rakyatnya untuk memerintah Rusia. Setelah revolusi dan setelah mereka mengambil alih, Lenin dan timnya membentuk Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia, sebuah kediktatoran Bolshevik.

Namun, itu bukanlah hal yang sama dan akhirnya. Perang saudara pecah tak lama setelah itu pada tahun 1917 ketika kaum Bolshevik di bawah pimpinan Lenin yang menamakan diri mereka ‘Tentara Merah’ berperang dengan ‘Tentara Putih’, sejumlah kelompok anti-Bolshevik.

9. Perang berdarah

Perang saudara berakhir lebih buruk daripada revolusi. Perang tersebut berlangsung hingga tahun 1922, meskipun di beberapa daerah perang tersebut baru padam pada tahun 1930.

Negara ini baru saja keluar dari Perang Dunia I yang berdarah dan perang saudara bagaikan menambahkan garam pada luka. Lebih dari 5 juta orang kehilangan nyawa karena ketidakstabilan; perang saudara, kelaparan, kelaparan, dan penyakit.

Pada bulan Juli 1917, antara Revolusi Februari dan Oktober, dan setelah Nicholas II turun tahta, Menteri Perang yang baru Alexander Kerensky memutuskan untuk menyerang Jerman. Mereka memutuskan untuk menyerang negara yang sama yang memiliki pangkalan militer industri dan mereka dikalahkan lagi, dalam apa yang dikenal sebagai Serangan Juli. Perang tersebut begitu dahsyat sehingga masyarakat menuntut agar perang tersebut segera diakhiri.

10. Lenin tidak menikmati hasil kerja kerasnya

Dalang Revolusi Oktober dan komandan Bolshevik meninggal pada Januari 1924 tepat setelah perang saudara berakhir, setelah ia menderita beberapa kali stroke.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)