Deretan Negara Eropa yang Warganya Menggelar Aksi Bela Palestina, Mana Saja?

Selasa, 07 Mei 2024 - 16:20 WIB
loading...
Deretan Negara Eropa yang Warganya Menggelar Aksi Bela Palestina, Mana Saja?
Demonstran memprotes aksi bela Palestina di London, Inggris, 28 Oktober 2023. Foto/REUTERS/Susannah Irlandia
A A A
LONDON - Aksi bela Palestina dilakukan banyak negara di dunia. Menariknya, ada juga sebagian di antaranya yang dilakukan negara-negara Eropa yang dikenal lebih condong membela Israel.

Sejak berlangsungnya Perang Hamas-Israel, warga sipil di Gaza telah menjadi korban tak bersalah. Belum adanya penyelesaian atau solusi yang jelas membuat masyarakat dunia ikut turun tangan.

Pada salah satu aksinya, mereka turun ke jalan guna menggelar demonstrasi mendukung Palestina. Diolah dari berbagai sumber, Selasa (7/5/2024), berikut ini sejumlah negara Eropa yang warganya menggelar aksi bela Palestina.

Negara Eropa yang Warganya Gelar Aksi Bela Palestina

1. Prancis


Warga Prancis sudah sering menggelar demonstrasi dengan tujuan membela Palestina. Salah satu yang terbesar terjadi pada Oktober 2023 dengan estimasi peserta mencapai 30.000 orang.

Mengutip Le Monde, demonstrasi tersebut menjadi yang terbesar di Prancis sejak bergulirnya perang Hamas-Israel.

Adapun demonstrasi ini diselenggarakan oleh Collectif National pour une Paix Juste et Durable entre Palestiniens et Israéliens (Kolektif Nasional untuk Perdamaian yang Adil dan Abadi antara Palestina dan Israel) yang menyatukan sekitar 40 organisasi.

Terbaru, gelombang protes juga dilakukan mahasiswa di Prancis. Mengambil inspirasi dari gerakan protes di kampus-kampus Amerika, sekitar 100 mahasiswa menggelar aksi bela Palestina di dekat Universitas Sorbonne.

2. Inggris


Warga Inggris juga berulang kali mengadakan aksi damai membela Palestina. Pada salah satu unjuk rasa terbesar di London pada Oktober 2023, warga yang hadir menuntut pemerintahan PM Rishi Sunak guna menyerukan gencatan senjata segera di Palestina.

“Negara-negara adidaya yang terlibat saat ini tidak berbuat cukup. Inilah sebabnya kami ada di sini menyerukan gencatan senjata, menyerukan hak-hak Palestina, hak untuk hidup, hak untuk hidup, hak asasi manusia, semua hak kami,” ucap seorang pengunjuk rasa Camille Revuelta seperti dikutip dari Reuters, Selasa (7/5/2024).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)