Pasangan LGBT Menikah di Kuil Sikh Gemparkan India

Selasa, 26 September 2023 - 20:06 WIB
loading...
A A A


Manisha mengatakan Dimple melamarnya melalui telepon hanya tiga atau empat hari setelah mereka memulai hubungan mereka, dan menambahkan bahwa dia siap menerimanya.

“Seorang wanita membutuhkan pasangan hidup yang memahaminya, menghormatinya, menghujaninya dengan cinta, dan memperlakukannya seperti anak kecil,” ujarnya.

Namun butuh usaha keras untuk meyakinkan orang tuanya bahwa dia ingin menikahi Dimple.

"Ibuku memberitahuku bahwa tidak mungkin menikahi seorang gadis. Akhirnya, aku meyakinkannya bahwa jika dia menginginkan kebahagiaanku, maka dia harus membiarkanku menikah dengan orang yang kuinginkan. Begitu dia setuju, dia pun membujuk ayahku," tutur Manisha.

Orang tua mereka kemudian bertemu dan tanggal pernikahan diselesaikan. Karena Dimple adalah seorang penganut Sikh, orang tuanya mengatakan dia ingin menikah dengan mengikuti ritual Sikh sehingga mereka mendekati pendeta gurdwara.

Pasangan tersebut bersikeras bahwa mereka tidak pernah menyembunyikan identitas mereka dan menunjukkan akta nikah yang dikeluarkan panitia Bathinda gurdwara.

India mendekriminalisasi seks sesama jenis pada tahun 2018, namun pernikahan sesama jenis masih belum mendapat pengakuan resmi. Mahkamah Agung negara itu baru-baru ini mendengarkan banyak petisi yang menuntut kesetaraan pernikahan dan keputusannya akan segera diambil.

Jadi saat ini, pernikahan sesama jenis tidak sah di India yang berarti Dimple dan Manisha tidak dapat mengakses hak-hak yang dinikmati oleh pasangan menikah heteroseksual, namun pada saat yang sama, para ahli mengatakan hal tersebut tidak dapat dianggap sebagai kejahatan.

Namun Komite Shiromani Gurdwara Prabandhak, badan keagamaan tertinggi Sikhisme, mengatakan sedang menyelidiki apakah ada pelanggaran terhadap aturan agama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)