Pasangan LGBT Menikah di Kuil Sikh Gemparkan India

Selasa, 26 September 2023 - 20:06 WIB
loading...
Pasangan LGBT Menikah di Kuil Sikh Gemparkan India
Pernikahan Dimple dan Manisha memicu kontroversi di komunitas Sikh di India. Foto/BBC
A A A
NEW DELHI - Pernikahan pasangan LGBT yang baru-baru ini terjadi di negara bagian Punjab, utara India , memicu kontroversi di negara itu. Pasalnya, peristiwa itu terjadi saat India tengah menunggu putusan Mahkamah Agung mengenai legalisasi pernikahan sesama jenis.

Dimple (27) dan Manisha (21) menikah di kota Bathinda pada 18 September lalu dengan restu dari keluarga mereka, sesuatu yang sangat tidak biasa di negara konservatif seperti India.

Namun yang lebih tidak biasa lagi adalah pernikahan mereka dilangsungkan di gurdwara – kuil Sikh – dengan kedua mempelai melakukan semua ritual tradisional.

Pernikahan tersebut mendapat kritik dari beberapa pemimpin agama, termasuk pendeta tertinggi Sikhisme Giani Raghbir Singh yang menyatakan bahwa pernikahan sesama jenis tidak wajar dan bertentangan dengan etika Sikh.

Ia mengatakan pernikahan dua wanita di hadapan Guru Granth Sahib - kitab suci Sikh - merupakan pelanggaran moral dan agama yang parah. Ia pun menginstruksikan komite gurdwara Bathinda untuk memberhentikan pendeta Hardev Singh, yang memimpin pernikahan tersebut, dan tiga orang lainnya sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Hardev Singh telah dicopot dari jabatannya. Dalam pembelaannya, dia mengatakan bahwa dia tidak tahu bahwa kedua mempelai adalah perempuan karena salah satu perempuan itu mengenakan sorban.

Dimple mempertanyakan klaim tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka telah memberikan salinan bukti identitas mereka kepada gurdwara sehingga tidak ada alasan untuk menimbulkan kebingungan.

Dimple berasal dari distrik Mansa sedangkan Manisha berasal dari Bathinda - keduanya merupakan daerah terpencil di mana hak-hak LGBTQ+ jarang dibahas di depan umum.

Dimple, seorang Jatt Sikh dari kasta atas, dan Manisha, seorang Hindu Dalit, bertemu di sebuah pabrik garmen di Zirakpur, sebuah kota dekat ibu kota Punjab, Chandigarh, tempat mereka berdua bekerja.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)