Berantas ISIS, Taliban Manfaatkan CCTV Peninggalan AS untuk Operasi Intelijen

Senin, 25 September 2023 - 15:25 WIB
loading...
Berantas ISIS, Taliban Manfaatkan CCTV Peninggalan AS untuk Operasi Intelijen
Taliban ingin berkuasa penuh di Afghanistan dengan memberantas ISIS dan pemberontak lainnya. Foto/Reuters
A A A
KABUL - Taliban sedang menciptakan jaringan kamera pengintai berskala besar di kota-kota Afghanistan yang mungkin melibatkan penggunaan kembali rencana yang dibuat oleh Amerika Serikat (AS) sebelum penarikan mereka pada tahun 2021. Taliban juga ingin menambah ribuan kamera sudah tersebar di seluruh ibu kota, Kabul.

Pemerintahan Taliban – yang secara terbuka mengatakan bahwa mereka fokus pada pemulihan keamanan dan memberantas ISIS. Pasalnya, ISIS telah melakukan banyak serangan besar di kota-kota Afghanistan. Selain itu, Taliban juga telah berkonsultasi dengan pembuat peralatan telekomunikasi Tiongkok, Huawei, mengenai potensi kerja sama.

Mencegah serangan oleh kelompok militan internasional – termasuk organisasi terkemuka seperti ISIS – merupakan inti interaksi antara Taliban dan banyak negara asing, termasuk AS dan China. Namun beberapa analis mempertanyakan kemampuan rezim yang kekurangan uang untuk mendanai program tersebut, dan kelompok hak asasi manusia telah menyatakan kekhawatiran bahwa sumber daya apa pun akan digunakan untuk menindak pengunjuk rasa.

Rincian tentang bagaimana Taliban berniat memperluas dan mengelola pengawasan massal, termasuk mendapatkan rencana AS, belum pernah dilaporkan sebelumnya.

"Peluncuran kamera massal, yang akan melibatkan fokus pada “titik-titik penting” di Kabul dan tempat lain, adalah bagian dari strategi keamanan baru yang akan memakan waktu empat tahun untuk diterapkan sepenuhnya," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Abdul Mateen Qani kepada Reuters.

“Saat ini kami sedang mengerjakan peta keamanan Kabul, yang (sedang diselesaikan) oleh pakar keamanan dan (membutuhkan) banyak waktu,” ujarnya. “Kami sudah memiliki dua peta, satu dibuat oleh AS untuk pemerintahan sebelumnya dan kedua oleh Turki.”

Mateen Qani tidak merinci kapan rencana Turki itu dibuat.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan Washington tidak “bermitra” dengan Taliban dan telah “menjelaskan kepada Taliban bahwa mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa mereka tidak memberikan tempat yang aman bagi teroris.”

Sementara itu, Qani mengatakan Taliban melakukan "obrolan sederhana" tentang potensi jaringan dengan Huawei pada bulan Agustus, namun belum ada kontrak atau rencana pasti yang tercapai.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)