Taliban Larang Perempuan Kunjungi Taman Nasional

Minggu, 27 Agustus 2023 - 21:21 WIB
loading...
Taliban Larang Perempuan Kunjungi Taman Nasional
Taliban mengeluarkan banyak larangan untuk perempuan. Foto/Reuters
A A A
KABUL - Taliban akan menggunakan pasukan keamanan untuk menghentikan perempuan mengunjungi salah satu taman nasional paling populer di Afghanistan. Itu diungkapkan juru bicara Kementerian Kebajikan.

Kementerian tersebut menuduh bahwa perempuan tidak memperhatikan cara yang benar dalam mengenakan jilbab, atau jilbab, ketika pergi ke Band-e-Amir di provinsi Bamiyan tengah.

Hal ini terjadi seminggu setelah menteri, Mohammad Khalid Hanafi, mengunjungi provinsi tersebut dan mengatakan kepada para pejabat dan ulama bahwa perempuan belum menerapkan cara mengenakan jilbab yang benar, dan meminta petugas keamanan untuk menghentikan perempuan mengunjungi tempat wisata tersebut.

“Jalan-jalan bukan suatu keharusan bagi perempuan,” kata Hanafi saat itu.

Juru bicara Kementerian Molvi Mohammad Sadiq Akif membagikan laporan pernyataan Hanafi pada Sabtu malam, termasuk penggunaan aparat keamanan, ulama, dan sesepuh untuk melaksanakan perintah Hanafi. Rekaman pidato menteri di Bamiyan yang selaras dengan laporan Akif dibagikan di media sosial.

Akif tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar pada hari Minggu.

“Tidak puas dengan merampas pendidikan, pekerjaan, dan kebebasan bergerak bagi anak perempuan dan perempuan, Taliban juga ingin mengambil dari mereka taman, olahraga, dan sekarang bahkan alam, seperti yang kita lihat dari larangan terbaru terhadap perempuan untuk mengunjungi Band-e-Amir,” kata Heather Barr, direktur hak-hak perempuan di Human Rights Watch. “Selangkah demi selangkah, tembok-tembok tersebut semakin menutup ruang bagi perempuan karena setiap rumah menjadi penjara.”



Bulan November lalu, pemerintah pimpinan Taliban melarang perempuan menggunakan ruang publik, termasuk taman, dengan mengatakan bahwa mereka tidak mengenakan jilbab dengan benar atau mengikuti aturan segregasi gender.

Sejak mengambil alih negara itu pada 15 Agustus 2021 setelah penarikan pasukan AS dan NATO, mereka telah memberlakukan beberapa pembatasan yang menargetkan anak perempuan dan perempuan Afghanistan, termasuk melarang anak perempuan bersekolah setelah kelas enam, dan melarang perempuan Afghanistan bekerja di sekolah lokal. dan organisasi non-pemerintah sambil menindak media.

Tindakan keras ini memicu kemarahan internasional, termasuk dari negara-negara mayoritas Muslim.

Band-e-Amir adalah atraksi wisata utama di Bamiyan. Taman ini menjadi taman nasional pertama di negara ini pada tahun 2009 dan menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya.

Ini adalah sumber pendapatan utama bagi penduduk setempat dan bisnis tamasya, restoran, hotel, dan kerajinan tangan mereka.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)