Berantas ISIS, Taliban Manfaatkan CCTV Peninggalan AS untuk Operasi Intelijen

Senin, 25 September 2023 - 15:25 WIB
loading...
A A A
ISIS juga mengancam orang asing di Afghanistan. Pejuangnya menyerang sebuah hotel yang populer di kalangan pengusaha Tiongkok tahun lalu, yang menyebabkan beberapa warga Tiongkok terluka. Seorang diplomat Rusia juga tewas dalam salah satu serangannya.

Taliban menyangkal bahwa militansi mengancam kekuasaan mereka dan mengatakan tanah Afghanistan tidak akan digunakan untuk melancarkan serangan di tempat lain. Mereka secara terbuka mengumumkan penggerebekan terhadap sel-sel ISIS di Kabul.

“Sejak awal tahun 2023, serangan Taliban di Afghanistan telah menggulingkan setidaknya delapan pemimpin penting (ISIS di Afghanistan), beberapa di antaranya bertanggung jawab atas rencana eksternal,” kata Perwakilan Khusus AS untuk Afghanistan Thomas West pada seminar publik tanggal 12 September.

Laporan pemantauan PBB pada bulan Juli mengatakan ada hingga 6.000 pejuang ISIS dan anggota keluarga mereka di Afghanistan. Para analis mengatakan pengawasan perkotaan tidak akan sepenuhnya mengatasi keberadaan mereka.

Lokasi "pangkalan" para pejuang ISIS di Afghanistan berada di daerah pegunungan timur, kata Schroden. "Jadi, meskipun kamera di kota-kota dapat membantu mencegah serangan... namun kamera tersebut tidak akan memberikan kontribusi yang besar terhadap kekalahan mereka."
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)