Setop Kirim Senjata ke Ukraina, AS Minta Penjelasan Polandia

Minggu, 24 September 2023 - 12:48 WIB
loading...
A A A


Belakangan, pemerintah Polandia berusaha menarik kembali pernyataan perdana menteri tersebut dengan menyatakan pada hari yang sama bahwa mereka akan terus mengirimkan pasokan militer ke Kiev sesuai dengan perjanjian yang ada.

Pada hari Jumat, Presiden Andrzej Duda mempertimbangkan masalah ini dengan mengatakan bahwa pernyataan Morawiecki pada hari sebelumnya telah “ditafsirkan dengan cara yang paling buruk.” Dia juga mengatakan bahwa negaranya pada dasarnya akan memasok senjata-senjata tua yang tidak dibutuhkan negara tetangganya.

"Warsawa tidak akan mentransfer senjata yang diperlukan untuk memodernisasi Angkatan Darat Polandia tetapi sebaliknya dapat mengirim senjata yang dinonaktifkan ke Ukraina," katanya pada saat itu.

Secara terpisah, Menteri Luar Negeri Polandia Zbigniew Rau pada hari Jumat mengatakan bahwa negaranya terpaksa "membayar tagihan dua kali" karena memberikan bantuan militer ke Kiev dan harus menderita dari persaingan ekonomi yang tidak sehat dengan pihak Kiev dalam hal ekspor biji-bijian.

Polandia, bersama Hongaria dan Slovakia, sebelumnya memutuskan untuk menentang keputusan Uni Eropa yang mencabut embargo gandum Ukraina. Warsawa menjelaskan tindakan sepihak tersebut dengan menyatakan pihaknya melindungi petaninya.

Kiev mengecam keputusan tersebut dengan menyebutnya “ilegal” dan berjanji akan mengajukan keluhan ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)