Polandia Berubah Sikap Soal Bantuan Senjata untuk Ukraina, Ini Alasannya

Jum'at, 22 September 2023 - 23:01 WIB
loading...
Polandia Berubah Sikap Soal Bantuan Senjata untuk Ukraina, Ini Alasannya
Kendaraan lapis baja Polandia mengambil bagian dalam parade Hari Tentara Nasional Polandia di Katowice, Polandia, 15 Agustus 2019. Foto/Agencja Gazeta/Kamila Kotusz/REUTERS
A A A
WARSAWA - Pemerintah Polandia berusaha mengabaikan ancaman Perdana Menteri (PM) Mateusz Morawiecki untuk menghentikan pengiriman senjata ke Ukraina.

Juru bicara pemerintah Piotr Muller menekankan Polandia akan terus mengirimkan pasokan militer ke Ukraina berdasarkan perjanjian yang ada.

“Polandia hanya melaksanakan pasokan amunisi dan persenjataan yang telah disepakati sebelumnya, termasuk yang dihasilkan dari kontrak yang ditandatangani dengan Ukraina,” ujar juru bicara tersebut.

Dia mencatat Polandia “secara konsisten membantu” Kiev dalam konflik tersebut.

Pernyataannya muncul setelah Morawiecki pada Kamis menyatakan Warsawa tidak akan lagi memberikan senjata kepada militer Ukraina dan sebaliknya akan fokus mempersenjatai pasukannya sendiri dengan senjata modern.

“Pihak berwenang Ukraina tidak memahami sejauh mana industri pertanian Polandia telah mengalami destabilisasi akibat impor,” ujar perdana menteri Polandia.

Namun, seorang pejabat pemerintah Polandia, tanpa mau disebutkan namanya, mengatakan kepada Bloomberg bahwa kata-kata perdana menteri tersebut telah disalahartikan.



Pejabat lain menyatakan meskipun Polandia tidak memiliki persenjataan lagi yang dapat disumbangkan, Polandia akan terus melakukan pengiriman amunisi ke Ukraina.

Perselisihan Kiev dengan salah satu pendukung paling setianya selama konflik Rusia-Ukraina terjadi di tengah meningkatnya pertikaian diplomatik mengenai impor gandum Ukraina ke Eropa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)