Siapa Rupert Murdoch? Miliarder yang Selalu Memiliki Hasrat Uang dan Ambisi Kekuasaan

Minggu, 24 September 2023 - 00:06 WIB
loading...
Siapa Rupert Murdoch? Miliarder yang Selalu Memiliki Hasrat Uang dan Ambisi Kekuasaan
Ruperth Murdoch menjadi miliarder yang penuh kontroversi. Foto/Reuters
A A A
MELBOURNE - Ketika Rupert Murdoch memulai karirnya, dia masih muda, lapar dan putus asa untuk mendapatkan kembali saham keluarganya di bisnis berita Australia .

Dikenal sebagai "anak penerbit" - pria berusia 22 tahun ini mewarisi surat kabar di kota kecil Adelaide dari ayahnya, dan berencana untuk menghadapi media internasional.

Pria berusia 92 tahun ini bisa dibilang adalah pengusaha paling sukses di Australia secara internasional, dan usahanya yang tanpa malu-malu untuk mendapatkan pengaruh telah mendukung kesuksesannya.

“Kejeniusannya adalah menemukan cara-cara berbeda untuk memadukan dua hasratnya – hasrat akan uang dan haus akan kekuasaan,” seperti yang dijelaskan Robert Manne, mantan kontributor News Corp, dalam esainya pada tahun 2011.

Namun seiring dengan berakhirnya kariernya selama 70 tahun, warisannya di dalam negeri masih menjadi pertanyaan terbuka.

Australia memiliki salah satu lingkungan media yang paling terkonsentrasi di dunia Barat - dengan 60% saham News Corp di pasar media cetak sering menuai kritik.

Dua mantan perdana menteri telah memimpin seruan pembentukan Komisi Kerajaan untuk menyelidiki dampak Murdoch terhadap demokrasi negara tersebut - dan surat kabar Murdoch dituduh mengambil keuntungan dari "ekosistem penahan kemarahan".

“Yang penting adalah dampak jangka panjangnya terhadap institusi, budaya berita sayap kanan, dan kepemilikan media, bukan apa yang terjadi pada Rupert di usia 92 tahun,” kata Tim Dwyer, pakar media di Universitas Sydney.

Bisnis surat kabar mengalir dalam darah Rupert Murdoch.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)