Seteru Memanas, Polandia Minta AS Dinginkan Kepala Orang-orang Ukraina

Sabtu, 23 September 2023 - 15:01 WIB
loading...
Seteru Memanas, Polandia Minta AS Dinginkan Kepala Orang-orang Ukraina
Wakil Menteri Luar Negeri Polandia Arkadiusz Mularczyk minta Amerika Serikat mendinginkan kepala orang-orang Ukraina ketika perseteruan diplomatik antara Warsawa dan Kyiv memanas. Foto/PAP
A A A
WARSAWA - Polandia meminta Amerika Serikat (AS) melakukan intervensi dalam pertikaian diplomatik yang sedang memanas antara Warsawa dan Kyiv mengenai impor biji-bijian Ukraina.

Permintaan itu disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri Polandia Arkadiusz Mularczyk dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio RMF24 pada Jumat (22/9/2023).

“Saya berharap pernyataan-pernyataan yang tidak menguntungkan dari para politisi Ukraina ini akan berakhir dan pertikaian gandum akan berakhir,” katanya. "Partisipasi Amerika Serikat akan mendinginkan kepala orang-orang Ukraina," katanya lagi.



Pejabat tersebut menekankan bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan pejabat lain di pemerintahannya berperilaku sangat tidak adil terhadap Polandia dan bahwa Warsawa tidak akan membiarkan penghinaan seperti itu terjadi setelah dukungan yang diberikan kepada Kyiv selama perang Rusia-Ukraina.

“Polandia tidak pantas menerima ini,” katanya.

Mularczyk bersikeras bahwa semua kesalahpahaman antara Warsawa dan Kyiv harus segera diselesaikan, dan mencatat bahwa perselisihan gandum tidak menguntungkan Polandia maupun Ukraina dan hanya mengalihkan perhatian dari tujuan bersama untuk mengalahkan Rusia.

Mularczyk juga berbicara tentang upaya Uni Eropa untuk membantu menyelesaikan perselisihan tersebut dan mengecam tuntutan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen agar Polandia mencabut embargo terhadap gandum Ukraina.

“Terima kasih atas bantuan tersebut, di mana Polandia diperintahkan untuk membuka perbatasan Polandia bagi gandum Ukraina, yang tujuannya adalah untuk menghabisi pertanian Polandia dan petani Polandia. von der Leyen bukanlah presiden atau perdana menteri negara tersebut. Polandia, dan masalah ini diputuskan di Polandia, bukan di Brussels,” ujarnya.

Komentar Mularczyk muncul setelah Komisi Eropa pekan lalu memutuskan untuk tidak memperluas pembatasan impor gandum Ukraina ke Uni Eropa. Namun langkah ini mendorong Polandia, Hongaria, dan Slovakia untuk menerapkan larangan sepihak terhadap produk-produk Kyiv, dengan alasan bahwa masuknya biji-bijian Ukraina yang murah akan merugikan petani mereka dan mengganggu stabilitas pasar pertanian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)