Tak Bisa Diandalkan, Jet Tempur F-35 Ternyata Tak Mampu Terbang Maksimal

Jum'at, 22 September 2023 - 04:46 WIB
loading...
Tak Bisa Diandalkan, Jet Tempur F-35 Ternyata Tak Mampu Terbang Maksimal
Jet tempur siluman f-35 memiliki banyak kelemahan. Foto/US Marine Corps
A A A
WASHINGTON - Pesawat tempur F-35 milik militer AS hanya mampu melakukan misi terbang lebih dari separuh waktu karena masalah pemeliharaan yang serius. Itu terungkap dalam tinjauan pengawas terhadap rencana pengadaan jangka panjang Pentagon untuk pesawat siluman tersebut.

Temuan baru ini, yang dimuat dalam laporan panjang yang diterbitkan pada Kamis oleh Kantor Akuntabilitas Pemerintah (GAO). Itu muncul hanya beberapa hari setelah pesawat tempur F-35B Lightning II Joint Strike Fighter jatuh di Carolina Selatan saat terjadi kecelakaan pelatihan, sehingga menyebabkan Korps Marinir AS mengeluarkan pernyataan.

"F-35, sebuah pesawat generasi kelima yang sangat canggih, mewakili porsi yang terus bertambah dari armada penerbangan taktis Pentagon," demikian ungkap laporan GAO. Namun mereka menetapkan dalam laporan tersebut, yang disampaikan kepada anggota parlemen, bahwa F-35 yang mahal Program ini terganggu oleh masalah pemeliharaan dan strategi pemeliharaan jet di masa depan harus dievaluasi.



“Tantangan pemeliharaan berdampak negatif terhadap kesiapan pesawat F-35,” kata laporan GAO. “Tingkat kemampuan misi armada F-35 – persentase waktu pesawat dapat melakukan salah satu misi yang ditugaskan – adalah sekitar 55 persen pada Maret 2023, jauh di bawah sasaran program.” Tarif yang mampu misi adalah untuk pesawat yang dimiliki oleh satu skuadron.

“Program ini terlambat dari jadwal dalam menetapkan kegiatan pemeliharaan depot untuk melakukan perbaikan,” temuan GAO, dan “akibatnya, waktu perbaikan komponen tetap lambat dengan lebih dari 10.000 menunggu untuk diperbaiki – di atas tingkat yang diinginkan. Pada saat yang sama, organisasi- pemeliharaan tingkat ini telah dipengaruhi oleh sejumlah masalah, termasuk kurangnya data teknis dan pelatihan."

Ada beberapa masalah spesifik yang GAO kutip dalam laporannya, di antaranya adalah bahwa pemerintah AS sangat bergantung pada kontraktor – sehingga membatasi kemampuan mereka dalam mengambil keputusan – dan kurangnya pelatihan terkait pemeliharaan. Selain itu, kurangnya suku cadang, peralatan pendukung, dan data teknis, semuanya dapat menyebabkan keterlambatan pemeliharaan instalasi militer.

Ada juga penundaan dalam menyiapkan fasilitas layanan, tempat penanganan perbaikan yang rumit.

Dalam upaya untuk memperbaiki situasi ini, GAO mengatakan telah membuat beberapa rekomendasi kepada Pentagon, “termasuk menilai kembali elemen keberlanjutan F-35 untuk menentukan tanggung jawab pemerintah dan kontraktor serta data teknis apa pun yang diperlukan, dan membuat keputusan akhir mengenai perubahan pada F-35. keberlanjutan untuk mengatasi kinerja dan keterjangkauan." Disebutkan bahwa Pentagon telah menyetujui rekomendasi GAO.

Militer AS saat ini menyediakan sekitar 450 unit F-35, dan Pentagon berencana untuk membeli sekitar 2.500 unit lagi sebagai bagian dari program selama puluhan tahun dengan perkiraan biaya siklus hidup lebih dari USD1,7 triliun. GAO mengatakan sebagian besar dana ini akan digunakan untuk pengoperasian, pemeliharaan, dan perbaikan jet tempur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)