Tak Bisa Diandalkan, Jet Tempur F-35 Ternyata Tak Mampu Terbang Maksimal

Jum'at, 22 September 2023 - 04:46 WIB
loading...
A A A
Ada tiga varian Lockheed Martin F-35. F-35A digunakan oleh Angkatan Udara dan memberikan kemampuan melebihi apa yang dapat diberikan oleh F-16 dan A-10 yang sudah tua, sedangkan F-35C mewakili peningkatan dibandingkan pesawat tempur berbasis kapal induk Angkatan Laut lainnya seperti F/A-18. Dan F-35B adalah varian lepas landas pendek/pendaratan vertikal yang dapat digunakan oleh Korps Marinir di kapal serbu amfibi dan lapangan udara yang lebih kecil.

Melansir Insider, varian B, yang berharga sekitar USD100 juta, menjadi berita utama awal pekan ini ketika seorang pilot Korps Marinir terpaksa keluar dari pesawat tempur karena kerusakan yang terjadi selama misi pelatihan hari Minggu di Carolina Selatan.

Meskipun pilot yang tidak diketahui identitasnya berhasil keluar dari pesawat dengan selamat, terjun payung ke halaman belakang perumahan, tidak jelas apa yang terjadi pada jet tersebut – sehingga mendorong militer untuk meminta bantuan masyarakat untuk menemukannya. Para pejabat mengatakan keesokan harinya bahwa mereka telah menemukan puing-puing milik pesawat tersebut.

Tak lama setelah insiden tersebut dipublikasikan, Korps Marinir mengumumkan jeda dua hari untuk semua penerbangan, dengan alasan serangkaian "kecelakaan penerbangan" dalam beberapa minggu terakhir, yang selain kecelakaan F-35, juga termasuk dua kecelakaan terpisah yang melibatkan jet tempur F/A-18 dan MV-22B Osprey — menyebabkan empat Marinir tewas dan lebih dari 20 lainnya terluka.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)