5 Kelemahan Jet Tempur Siluman F-35, Salah Satunya Biaya Satu Jam Terbang Capai Rp553 Juta

Selasa, 19 September 2023 - 21:05 WIB
loading...
5 Kelemahan Jet Tempur Siluman F-35, Salah Satunya Biaya Satu Jam Terbang Capai Rp553 Juta
Jet tempur siluman F-35 memiliki banyak kelemahan. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Jet tempur siluman F-35 yang dikembangkan Amerika Serikat (AS) telah dirundung masalah teknis dan kekurangan operasional yang terus menimbulkan risiko keselamatan dan menimbulkan pertanyaan tentang kesiapan misi.

Meskipun mengalami banyak penundaan, pesawat tempur paling canggih dan termahal yang pernah diproduksi secara massal ini memiliki masalah-masalah penting yang disoroti oleh Pentagon yang masih perlu direkonsiliasi agar jet tersebut dapat memenuhi janji-janjinya yang tinggi.

Padahal, banyak negara yang mengantre membeli pesawat siluman tersebut.

Lockheed Martin dalam beberapa tahun terakhir telah membuat kemajuan yang stabil dalam mengatasi kekurangan F-35. Meskipun Kantor Program Gabungan F-35 mengatakan kepada Defense News pada tahun 2021 bahwa pesawat tersebut masih memiliki masalah “kritis” yang “berdampak pada kesiapan misi.”

Berikut adalah 5 kelemahan jet tempur F-35.

1. Pilot Kerap Mengalami Sakit Sinus yang Parah

5 Kelemahan Jet Tempur Siluman F-35, Salah Satunya Biaya Satu Jam Terbang Capai Rp553 Juta

Foto/Reuters

Melansir National Post, lonjakan tekanan udara di dalam kokpit menyebabkan pilot mengalami sakit telinga dan sinus yang “sangat menyiksa”, sehingga memaksa dua pilot Angkatan Udara membatalkan misi uji coba.

Kementerian Pertahanan AS menyatakan, para pilot menggunakan F-35 versi sebelumnya dan mengalami barotrauma, atau cedera telinga akibat perubahan tekanan udara, menyebabkan hilangnya kesadaran situasional dalam penerbangan, dengan efek yang berlangsung selama berbulan-bulan."

Perubahan desain diharapkan dapat memperbaiki masalah ini pada tahun 2019, namun hal ini masih menjadi salah satu masalah yang belum terselesaikan yang disoroti setahun yang lalu.

Baca Juga: Puing-puing Jet Tempur F-35 AS yang Hilang saat Latihan Telah Ditemukan

2. Penerbangan Supersonik Menyebabkan Lapisan Siluman Terlepas

5 Kelemahan Jet Tempur Siluman F-35, Salah Satunya Biaya Satu Jam Terbang Capai Rp553 Juta

Foto/Reuters

F-35 hanya dapat mentolerir kecepatan supersonik di ketinggian untuk ledakan singkat sebelum mengalami kerusakan struktural jangka panjang dan hilangnya kemampuan siluman.

Selama kecepatan tinggi, lapisan siluman jet, yang membuatnya tidak terlihat oleh radar, diketahui menggelembung.

Saat ini tidak ada rencana untuk memperbaiki masalah tersebut. JPO F-35 mengatakan kepada Defense News bahwa masalah tersebut ditutup dalam kategori 'tidak ada rencana untuk memperbaiki' karena pembengkakan biaya dan waktu yang diperlukan untuk memperbaikinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)