Azerbaijan Umumkan Menang Perang dan Rebut Kembali Nagorno-Karabakh

Kamis, 21 September 2023 - 07:45 WIB
loading...
A A A
Pada Rabu malam, Kementerian Pertahanan Armenia mengatakan Azerbaijan telah menembaki posisinya di sepanjang perbatasan antara musuh bebuyutan tersebut. Pertempuran di perbatasan seperti ini sering terjadi.

Berdasarkan gencatan senjata, kelompok separatis mengatakan mereka setuju untuk membubarkan pasukan mereka sepenuhnya dan Armenia akan menarik semua pasukan yang mereka miliki di wilayah tersebut.

Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan semua senjata dan persenjataan berat harus diserahkan di bawah pengawasan pasukan penjaga perdamaian Rusia yang berkekuatan 2.000 orang di lapangan.

Kedua belah pihak mengatakan pembicaraan mengenai reintegrasi wilayah yang memisahkan diri ke wilayah Azerbaijan lainnya akan diadakan pada hari Kamis di kota Yevlakh.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pasukan penjaga perdamaian Moskow akan menengahi pembicaraan tersebut.

Moskow—yang merupakan perantara kekuasaan regional—mengatakan beberapa anggota pasukannya di Nagorno-Karabakh tewas ketika mobil mereka diserang.

Operasi Baku adalah konfrontasi kekerasan terbaru atas Nagorno-Karabakh.

Setelah Uni Soviet runtuh, kelompok separatis pro-Armenia merebut wilayah tersebut—yang diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan—pada awal tahun 1990-an.

Hal ini memicu perang yang menyebabkan 30.000 orang tewas dan ratusan ribu orang mengungsi.

Dalam perang enam minggu pada tahun 2020, Azerbaijan merebut kembali sebagian besar wilayah di dalam dan sekitar wilayah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)