Putin: Kami Tak Pasok Senjata ke Kurdi Suriah

Selasa, 16 Mei 2017 - 22:16 WIB
Putin: Kami Tak Pasok Senjata ke Kurdi Suriah
Putin: Kami Tak Pasok Senjata ke Kurdi Suriah
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan, Rusia tidak memasok senjata untuk milisi Kurdi Suriah atau YPG. Meski demikian, Putin menuturkan, Rusia terus menjalin komunikasi dengan kelompok tersebut.

"Kami tidak menyediakan senjata kepada mereka (YPG) dan mereka tidak terlalu membutuhkan pasokan kami. Mereka memiliki sumber lain untuk mendapatkan senjata tersebut," kata Putin dalam sebuah pernyataan.

"Bagaimanapun, kami akan tetap mempertahankan kontak kerja dengan kelompok tersebut saat mereka melawan ISIS," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (16/5).

Dia juga mengaku tidak terlalu memikirkan bagaiamana sikap Turki terhadap keputusan Rusia untuk terus menjalin kerjasama dengan YPG. Dia menegaskan, Rusia berhak untuk menjalin komunikasi dan kerjasama dengan YPG.

"Kami berpikir, kami memiliki hak untuk mempertahankan kontak kerja dengan mereka, setidaknya untuk menghindari bentrokan. Tidak alasan untuk khawatir mengenai Turki," tukasnya.

Turki diketahui memprotes setiap negara yang menyatakan dukungan atau mendukung YPG. Alasannya, Ankara menilai YPG adalah cabang dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK), kelompok yang masuk dalam daftar hitam teroris di Turki.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3886 seconds (0.1#10.140)