10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Minggu, 17 September 2023 - 18:30 WIB
loading...
A A A
Anggota Partai Republik dan Demokrat berbeda pendapat mengenai pertanyaan ini: 79% anggota Partai Republik mengatakan bahwa kepemilikan senjata meningkatkan keselamatan, sementara jumlah responden yang hampir sama (78%) mengatakan bahwa kepemilikan senjata meningkatkan keselamatan.

Warga Amerika di perkotaan dan pedesaan juga memiliki pandangan yang sangat berbeda. Di antara orang dewasa yang tinggal di daerah perkotaan, 64% mengatakan kepemilikan senjata mengurangi keselamatan, sementara 34% mengatakan kepemilikan senjata meningkatkan keselamatan.

6. Kekerasan Senjata Adalah Masalah Besar

10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Foto/Reuters

Warga Amerika semakin sering mengatakan bahwa kekerasan bersenjata adalah masalah besar. Enam dari sepuluh orang dewasa AS mengatakan kekerasan bersenjata adalah masalah yang sangat besar di negaranya saat ini, naik 9 poin persentase dibandingkan pada musim semi 2022.

Dalam survei yang dilakukan pada bulan Juni ini, 23% mengatakan kekerasan bersenjata adalah masalah yang cukup besar, dan sekitar dua- dari sepuluh orang mengatakan bahwa masalah tersebut hanyalah masalah kecil (13%) atau bukan masalah sama sekali (4%).

Ke depan, 62% warga Amerika mengatakan mereka memperkirakan tingkat kekerasan bersenjata akan meningkat dalam lima tahun ke depan. Jumlah ini dua kali lipat dari jumlah responden yang memperkirakan akan tetap sama (31%). Hanya 7% yang memperkirakan tingkat kekerasan bersenjata akan menurun.

7. Mayoritas Penduduk AS Mudah Membeli Senjata

10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Foto/Reuters

Mayoritas warga Amerika (61%) mengatakan terlalu mudah mendapatkan senjata secara legal di negara ini. Sebanyak 30% lainnya mengatakan bahwa kemudahan mendapatkan senjata secara legal sudah cukup, dan 9% lainnya mengatakan terlalu sulit untuk mendapatkan senjata.

Pemilik non-senjata hampir dua kali lebih mungkin dibandingkan pemilik senjata untuk mengatakan bahwa terlalu mudah untuk mendapatkan senjata secara legal (73% vs. 38%). Sementara itu, pemilik senjata dua kali lebih besar dibandingkan bukan pemilik senjata yang mengatakan bahwa kemudahan mendapatkan senjata sudah tepat (48% vs. 20%).

Perbedaan partisan dan demografis juga ada dalam pertanyaan ini. Sementara 86% anggota Partai Demokrat mengatakan terlalu mudah untuk mendapatkan senjata secara legal, 34% anggota Partai Republik mengatakan hal yang sama.

Sebagian besar penduduk perkotaan (72%) dan pinggiran kota (63%) mengatakan terlalu mudah untuk mendapatkan senjata secara legal. Penduduk pedesaan lebih terpecah: 47% mengatakan hal ini terlalu mudah, 41% mengatakan hal ini benar, dan 11% mengatakan hal ini terlalu sulit.

8. Mayoritas Rakyat AS Mendukung Undang-Undang Senjata yang Diperketat

10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Foto/Reuters

Sekitar enam dari sepuluh orang dewasa AS (58%) mendukung undang-undang senjata yang lebih ketat. Sebanyak 26% lainnya mengatakan bahwa undang-undang senjata di AS sudah benar, dan 15% mendukung undang-undang senjata yang tidak terlalu ketat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)