10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Minggu, 17 September 2023 - 18:30 WIB
loading...
10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan
Senjata masih menjadi isu dalam perdebatan di masyarakat AS. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Senjata sudah tertanam kuat dalam masyarakat Amerika Serikat (AS). Itu juga selalu perdebatan politik di negara tersebut.

Amandemen Kedua Konstitusi AS menjamin hak untuk memanggul senjata, dan sekitar sepertiga orang dewasa Amerika mengatakan bahwa mereka secara pribadi memiliki senjata.

Pada saat yang sama, sebagai tanggapan terhadap kekhawatiran seperti meningkatnya angka kematian akibat senjata api dan penembakan massal, Presiden Joe Biden telah mengusulkan undang-undang kebijakan senjata yang akan memperluas RUU keamanan senjata bipartisan yang disahkan Kongres tahun lalu.

Berikut adalah 10 temuan penting tentang pandangan orang Amerika mengenai kepemilikan senjata, kebijakan senjata, dan isu-isu lainnya, yang diambil terutama dari survei Pew Research Center yang dilakukan pada bulan Juni 2023.

1. 4 dari 10 Orang AS Memiliki Senjata

10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Foto/Reuters

Sekitar empat dari sepuluh orang dewasa AS mengatakan bahwa mereka tinggal serumah dengan senjata, termasuk 32% yang mengatakan bahwa mereka secara pribadi memiliki senjata. Angka-angka ini hampir tidak berubah sejak terakhir kali menanyakan pertanyaan ini pada tahun 2021.

Terdapat perbedaan tingkat kepemilikan senjata berdasarkan afiliasi politik, gender, tipe komunitas, dan faktor lainnya.

Partai Republik dan tokoh independen yang berhaluan Republik memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk mengatakan bahwa mereka memiliki senjata api dibandingkan dengan anggota Partai Demokrat dan kelompok Demokrat (45% vs. 20%).

40% laki-laki mengatakan mereka memiliki senjata, dibandingkan dengan 25% perempuan.

47% orang dewasa yang tinggal di daerah pedesaan melaporkan bahwa mereka memiliki senjata api, begitu pula sebagian kecil dari mereka yang tinggal di pinggiran kota (30%) atau perkotaan (20%).

38% warga kulit putih Amerika memiliki senjata, dibandingkan dengan kelompok warga kulit hitam (24%), Hispanik (20%) dan Asia (10%) yang lebih kecil.

Baca Juga: Kenapa Senjata Laser Berenergi Tinggi Milik China Lebih Unggul Dibandingkan AS?

2. Senjata untuk Melindungi Diri

10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Foto/Reuters

Perlindungan pribadi menempati urutan teratas dalam daftar alasan yang diberikan pemilik senjata untuk memiliki senjata api. Sekitar tiga perempat (72%) pemilik senjata mengatakan bahwa perlindungan adalah alasan utama mereka memiliki senjata.

Sebagian kecil responden mengatakan bahwa alasan utama mereka memiliki senjata adalah untuk berburu (32%), untuk olahraga menembak (30%), sebagai bagian dari koleksi senjata (15%) atau untuk pekerjaan (7%).

Alasan di balik kepemilikan senjata hanya mengalami sedikit perubahan sejak survei kami mengenai sikap terhadap kepemilikan senjata dan kebijakan senjata pada tahun 2017. Saat itu, 67% pemilik senjata menyebut perlindungan sebagai alasan utama mereka memiliki senjata api.

3. Memiliki Senjata Memiliki Perasaan Positif

10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Foto/Reuters

Pemilik senjata cenderung memiliki perasaan lebih positif tentang memiliki senjata di rumah dibandingkan bukan pemilik yang tinggal bersamanya. Misalnya, 71% pemilik senjata mengatakan mereka senang memiliki senjata – namun jauh lebih sedikit pemilik non-senjata di rumah tangga yang memiliki senjata (31%) yang mengatakan bahwa mereka senang memiliki senjata di rumah.

Dan meskipun 81% pemilik senjata mengatakan memiliki senjata membuat mereka merasa lebih aman, mayoritas yang lebih kecil (57%) dari rumah tangga yang bukan pemilik senjata mengatakan hal yang sama tentang memiliki senjata api di rumah. Mereka yang bukan pemilik rumah juga lebih khawatir dibandingkan pemilik rumah jika mereka memiliki senjata api di rumah (masing-masing sebesar 27% vs. 12%).

4. Sebagian Orang AS yang Tidak Memiliki Senjata Tetap Konsisten

Pemilik non-senjata memiliki perbedaan pendapat mengenai apakah mereka ingin memiliki senjata api di masa depan. Sekitar setengah (52%) orang Amerika yang tidak memiliki senjata mengatakan mereka tidak akan pernah memiliki senjata, sementara hampir sebanyak (47%) membayangkan diri mereka sebagai pemilik senjata di masa depan.

Di antara mereka yang saat ini tidak memiliki senjata:

56% pria mengatakan suatu hari nanti mereka akan memiliki senjata; 40% perempuan mengatakan Bagan batang yang menunjukkan bahwa mereka yang bukan pemilik senjata terbagi dalam pendapat mereka mengenai apakah mereka bisa memiliki senjata di masa depan.

61% anggota Partai Republik dan 40% anggota Partai Demokrat yang tidak memiliki senjata mengatakan mereka akan mempertimbangkan untuk memiliki senjata di masa depan.

56% orang kulit hitam yang bukan pemilik senjata mengatakan bahwa mereka mungkin akan memiliki senjata suatu hari nanti, dibandingkan dengan sebagian kecil orang kulit putih (48%), orang Hispanik (40%) dan orang Asia (38%) yang bukan pemilik senjata.

5. Memiliki Senjata Memicu Penyalahgunaan

Masyarakat Amerika mempunyai pendapat yang berbeda-beda mengenai apakah kepemilikan senjata dapat meningkatkan atau menurunkan keselamatan.

Sekitar setengah (49%) mengatakan bahwa kepemilikan senjata berdampak lebih besar pada peningkatan keselamatan dengan memberikan kesempatan kepada warga negara yang taat hukum untuk melindungi diri mereka sendiri, namun jumlah yang sama mengatakan bahwa kepemilikan senjata berdampak lebih besar pada penurunan keselamatan dengan memberikan terlalu banyak orang akses terhadap senjata api dan meningkatkan penyalahgunaan.

Anggota Partai Republik dan Demokrat berbeda pendapat mengenai pertanyaan ini: 79% anggota Partai Republik mengatakan bahwa kepemilikan senjata meningkatkan keselamatan, sementara jumlah responden yang hampir sama (78%) mengatakan bahwa kepemilikan senjata meningkatkan keselamatan.

Warga Amerika di perkotaan dan pedesaan juga memiliki pandangan yang sangat berbeda. Di antara orang dewasa yang tinggal di daerah perkotaan, 64% mengatakan kepemilikan senjata mengurangi keselamatan, sementara 34% mengatakan kepemilikan senjata meningkatkan keselamatan.

6. Kekerasan Senjata Adalah Masalah Besar

10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Foto/Reuters

Warga Amerika semakin sering mengatakan bahwa kekerasan bersenjata adalah masalah besar. Enam dari sepuluh orang dewasa AS mengatakan kekerasan bersenjata adalah masalah yang sangat besar di negaranya saat ini, naik 9 poin persentase dibandingkan pada musim semi 2022.

Dalam survei yang dilakukan pada bulan Juni ini, 23% mengatakan kekerasan bersenjata adalah masalah yang cukup besar, dan sekitar dua- dari sepuluh orang mengatakan bahwa masalah tersebut hanyalah masalah kecil (13%) atau bukan masalah sama sekali (4%).

Ke depan, 62% warga Amerika mengatakan mereka memperkirakan tingkat kekerasan bersenjata akan meningkat dalam lima tahun ke depan. Jumlah ini dua kali lipat dari jumlah responden yang memperkirakan akan tetap sama (31%). Hanya 7% yang memperkirakan tingkat kekerasan bersenjata akan menurun.

7. Mayoritas Penduduk AS Mudah Membeli Senjata

10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Foto/Reuters

Mayoritas warga Amerika (61%) mengatakan terlalu mudah mendapatkan senjata secara legal di negara ini. Sebanyak 30% lainnya mengatakan bahwa kemudahan mendapatkan senjata secara legal sudah cukup, dan 9% lainnya mengatakan terlalu sulit untuk mendapatkan senjata.

Pemilik non-senjata hampir dua kali lebih mungkin dibandingkan pemilik senjata untuk mengatakan bahwa terlalu mudah untuk mendapatkan senjata secara legal (73% vs. 38%). Sementara itu, pemilik senjata dua kali lebih besar dibandingkan bukan pemilik senjata yang mengatakan bahwa kemudahan mendapatkan senjata sudah tepat (48% vs. 20%).

Perbedaan partisan dan demografis juga ada dalam pertanyaan ini. Sementara 86% anggota Partai Demokrat mengatakan terlalu mudah untuk mendapatkan senjata secara legal, 34% anggota Partai Republik mengatakan hal yang sama.

Sebagian besar penduduk perkotaan (72%) dan pinggiran kota (63%) mengatakan terlalu mudah untuk mendapatkan senjata secara legal. Penduduk pedesaan lebih terpecah: 47% mengatakan hal ini terlalu mudah, 41% mengatakan hal ini benar, dan 11% mengatakan hal ini terlalu sulit.

8. Mayoritas Rakyat AS Mendukung Undang-Undang Senjata yang Diperketat

10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Foto/Reuters

Sekitar enam dari sepuluh orang dewasa AS (58%) mendukung undang-undang senjata yang lebih ketat. Sebanyak 26% lainnya mengatakan bahwa undang-undang senjata di AS sudah benar, dan 15% mendukung undang-undang senjata yang tidak terlalu ketat.

Persentase yang menyatakan bahwa undang-undang ini harus lebih ketat telah sedikit berfluktuasi dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2021, 53% mendukung undang-undang senjata yang lebih ketat, dan pada tahun 2019, 60% mengatakan undang-undang harus diperketat.

9. Mayoritas Warga AS Khawatir Penembakan Terjadi di Sekolah

10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Foto/Reuters

Sekitar sepertiga (32%) orang tua yang memiliki siswa sekolah dasar mengatakan mereka sangat atau sangat khawatir jika terjadi penembakan di sekolah anak-anak mereka, menurut survei Center pada musim gugur 2022 terhadap orang tua yang memiliki setidaknya satu anak di bawah 18 tahun.

Sebagian besar orang tua K-12 (31%) mengatakan mereka tidak terlalu atau tidak khawatir sama sekali mengenai penembakan yang pernah terjadi di sekolah anak-anak mereka, sementara 37% orang tua mengatakan mereka agak khawatir.

Di antara semua orang tua yang memiliki anak di bawah 18 tahun, termasuk mereka yang tidak bersekolah, 63% memandang peningkatan pemeriksaan dan pengobatan kesehatan mental sebagai cara yang sangat atau sangat efektif untuk mencegah penembakan di sekolah.

10. Perlu Koalisi Partisan untuk Mendukung Pengetatan Kebijakan Senjata

10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Foto/Reuters

Terdapat persetujuan luas dari para pendukung mengenai beberapa usulan kebijakan senjata, namun sebagian besar bersifat memecah belah secara politik, demikian temuan survei pada bulan Juni 2023.

Mayoritas orang dewasa AS di kedua koalisi partisan agak atau sangat mendukung dua kebijakan yang akan membatasi akses terhadap senjata: mencegah mereka yang menderita penyakit mental untuk membeli senjata (88% dari Partai Republik dan 89% dari Demokrat mendukung hal ini) dan meningkatkan usia minimum untuk membeli senjata menjadi lebih baik. 21 tahun (69% dari Partai Republik, 90% dari Demokrat).

Mayoritas di kedua partai juga menentang mengizinkan orang membawa senjata api tersembunyi tanpa izin (60% dari Partai Republik dan 91% dari Demokrat menentang hal ini).

Partai Republik dan Demokrat berbeda pendapat dalam beberapa usulan lainnya. Meskipun 85% anggota Partai Demokrat mendukung pelarangan senjata jenis serbu dan magasin amunisi berkapasitas tinggi yang dapat menampung lebih dari 10 butir peluru, mayoritas anggota Partai Republik menentang usulan ini (masing-masing 57% dan 54%).
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)