10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Minggu, 17 September 2023 - 18:30 WIB
loading...
10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan
Senjata masih menjadi isu dalam perdebatan di masyarakat AS. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Senjata sudah tertanam kuat dalam masyarakat Amerika Serikat (AS). Itu juga selalu perdebatan politik di negara tersebut.

Amandemen Kedua Konstitusi AS menjamin hak untuk memanggul senjata, dan sekitar sepertiga orang dewasa Amerika mengatakan bahwa mereka secara pribadi memiliki senjata.

Pada saat yang sama, sebagai tanggapan terhadap kekhawatiran seperti meningkatnya angka kematian akibat senjata api dan penembakan massal, Presiden Joe Biden telah mengusulkan undang-undang kebijakan senjata yang akan memperluas RUU keamanan senjata bipartisan yang disahkan Kongres tahun lalu.

Berikut adalah 10 temuan penting tentang pandangan orang Amerika mengenai kepemilikan senjata, kebijakan senjata, dan isu-isu lainnya, yang diambil terutama dari survei Pew Research Center yang dilakukan pada bulan Juni 2023.

1. 4 dari 10 Orang AS Memiliki Senjata

10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Foto/Reuters

Sekitar empat dari sepuluh orang dewasa AS mengatakan bahwa mereka tinggal serumah dengan senjata, termasuk 32% yang mengatakan bahwa mereka secara pribadi memiliki senjata. Angka-angka ini hampir tidak berubah sejak terakhir kali menanyakan pertanyaan ini pada tahun 2021.

Terdapat perbedaan tingkat kepemilikan senjata berdasarkan afiliasi politik, gender, tipe komunitas, dan faktor lainnya.

Partai Republik dan tokoh independen yang berhaluan Republik memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk mengatakan bahwa mereka memiliki senjata api dibandingkan dengan anggota Partai Demokrat dan kelompok Demokrat (45% vs. 20%).

40% laki-laki mengatakan mereka memiliki senjata, dibandingkan dengan 25% perempuan.

47% orang dewasa yang tinggal di daerah pedesaan melaporkan bahwa mereka memiliki senjata api, begitu pula sebagian kecil dari mereka yang tinggal di pinggiran kota (30%) atau perkotaan (20%).

38% warga kulit putih Amerika memiliki senjata, dibandingkan dengan kelompok warga kulit hitam (24%), Hispanik (20%) dan Asia (10%) yang lebih kecil.

Baca Juga: Kenapa Senjata Laser Berenergi Tinggi Milik China Lebih Unggul Dibandingkan AS?

2. Senjata untuk Melindungi Diri

10 Fakta Kepemilikan Senjata di AS, Mayoritas Khawatir Terjadi Peningkatan Kekerasan

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1015 seconds (0.1#10.140)