Menghilang dari Publik, Menhan China Jadi Tahanan Rumah?

Jum'at, 15 September 2023 - 19:14 WIB
loading...
A A A
Salah satu sumber, seorang pejabat yang mengetahui langsung rencana tersebut, mengatakan Wat dijadwalkan bertemu dengan Li pada 5 September di Beijing namun hal itu tidak terjadi. Sumber itu tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Kementerian Pertahanan Singapura tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait hal ini.

Selain itu, menurut laporan eksklusif Reuters pada hari Kamis, Li juga tiba-tiba menarik diri dari pertemuan dengan para pemimpin pertahanan Vietnam yang dijadwalkan pada 7-8 September.

Pengamat militer dan diplomat mengamati dengan cermat apakah China akan melanjutkan rencana menyelenggarakan Beijing Xiangshan Forum – pertemuan puncak keamanan internasional tahunan yang biasanya diselenggarakan oleh menteri pertahanan China – pada akhir Oktober mendatang.

Sebelum Li diangkat ke jabatannya pada bulan Maret, ia memimpin unit pengadaan militer.

Dalam pemberitahuan yang jarang terjadi pada bulan Juli, unit tersebut mengatakan pihaknya berupaya untuk “membersihkan” proses penawarannya dan mengundang masyarakat untuk melaporkan penyimpangan sejak tahun 2017. Belum ada informasi terbaru mengenai kemungkinan temuannya.



Ketidakhadiran Li mendapat perhatian khusus dari AS, yang belum mencabut sanksi yang dijatuhkan kepadanya pada tahun 2018 karena membeli senjata dari eksportir senjata terbesar Rusia, Rosoboronexport.

Para pejabat China telah berulang kali mengatakan mereka ingin sanksi-sanksi tersebut dicabut untuk memfasilitasi diskusi yang lebih baik antara militer kedua pihak.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mencoba melakukan pembicaraan dengan Li selama konferensi pertahanan di Singapura pada bulan Juni, namun ternyata tidak lebih dari jabat tangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)