Fokus Penyelamatan Korban Gempa Bumi Maroko Bergeser ke Perdesaan

Senin, 11 September 2023 - 22:38 WIB
loading...
A A A
Tentara mengatakan pihaknya memperkuat tim pencarian dan penyelamatan, menyediakan air minum dan mendistribusikan makanan, tenda dan selimut.

Baik Raja Mohammed VI maupun Perdana Menteri Aziz Akhannouch belum memberikan pidato sejak bencana tersebut.

Maroko telah menerima tawaran bantuan dari Spanyol dan Inggris, yang keduanya mengirimkan spesialis pencarian dan penyelamatan dengan anjing pelacak, dari Uni Emirat Arab, dan dari Qatar, yang mengatakan pada hari Minggu bahwa tim pencarian dan penyelamatan sedang dalam perjalanan.

Uni Eropa mengatakan pihaknya menyalurkan bantuan awal sebesar 1 juta euro (USD1,07 juta) kepada organisasi bantuan non-pemerintah di Maroko.

TV pemerintah mengatakan pemerintah telah menilai kebutuhan dan mempertimbangkan pentingnya mengoordinasikan upaya bantuan sebelum menerima bantuan, dan pemerintah mungkin akan menerimanya.

Baik Prancis maupun Jerman meremehkan pentingnya Maroko yang tidak segera menerima tawaran bantuan mereka.

Jerman mengatakan pada hari Senin bahwa mereka tidak melihat indikasi bahwa keputusan tersebut bersifat politis, sementara Prancis mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka siap membantu kapan pun Maroko mengajukan permintaan resmi dan kontroversi apa pun mengenai masalah tersebut “tidak pada tempatnya”.

Paris dan Rabat memiliki hubungan yang sulit dalam beberapa tahun terakhir, terutama terkait masalah Sahara Barat, wilayah sengketa yang Maroko ingin Prancis akui sebagai wilayah Maroko. Maroko belum memiliki duta besar di Paris sejak Januari.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)