Fokus Penyelamatan Korban Gempa Bumi Maroko Bergeser ke Perdesaan

Senin, 11 September 2023 - 22:38 WIB
loading...
Fokus Penyelamatan Korban Gempa Bumi Maroko Bergeser ke Perdesaan
Tim penyelamat gempa fokus mencari korban selamat di wilayah pedesaan Maroko. Foto/Reuters
A A A
MARAKESH - Tim penyelamat pergi desa-desa yang menjadi puing-puing untuk mencari korban selamat dari gempa bumi paling mematikan di Maroko dalam lebih dari enam dekade. Mereka dalam perlombaan putus asa melawan waktu ketika jumlah korban tewas meningkat menjadi hampir 2.500 dan skala kehancuran menjadi lebih jelas.

Tim pencari dari Spanyol, Inggris dan Qatar bekerja sama dalam upaya untuk menemukan orang-orang yang terkubur di bawah puing-puing setelah gempa berkekuatan 6,8 skala richter melanda Jumat malam di Pegunungan High Atlas, dengan pusat gempa 72 km barat daya Marrakesh.

Banyak korban yang selamat menghabiskan malam ketiganya di luar, rumah mereka hancur atau menjadi tidak aman. Kantor berita negara melaporkan jumlah korban tewas kini mencapai 2.497 orang dan 2.476 orang terluka.

Rekaman dari desa terpencil Imi N'Tala, yang difilmkan oleh penyelamat Spanyol Antonio Nogales dari kelompok bantuan Bomberos Unidos Sin Fronteras (Persatuan Pemadam Kebakaran Tanpa Batas), menunjukkan pria dan anjing memanjat lereng curam yang tertutup puing-puing.

“Tingkat kehancurannya… mutlak,” kata Nogales, berjuang menemukan kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang dilihatnya, dilansir Reuters.

“Tidak ada satu rumah pun yang tetap berdiri tegak. Kami akan memulai pencarian dengan anjing dan melihat apakah kami dapat menemukan orang yang masih hidup.”

Di Imgdal, sebuah desa sekitar 75 km selatan Marrakesh, perempuan dan anak-anak berkumpul pada Senin pagi di bawah tenda darurat yang didirikan di sepanjang jalan dan di samping bangunan yang rusak. Lebih jauh ke selatan, sebuah mobil berdiri tertimpa batu-batu besar yang jatuh dari tebing.

Di desa Tafeghaghte, Hamid ben Henna menggambarkan bagaimana putranya yang berusia delapan tahun meninggal di bawah reruntuhan setelah dia pergi mengambil pisau dari dapur untuk memotong melon saat keluarga tersebut sedang makan malam. Anggota keluarga lainnya selamat.


Rumah Bata Lumpur Hancur

Fokus Penyelamatan Korban Gempa Bumi Maroko Bergeser ke Perdesaan

Foto/Reuters

Karena sebagian besar zona gempa berada di daerah yang sulit dijangkau, pihak berwenang belum mengeluarkan perkiraan jumlah orang hilang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)