Fokus Penyelamatan Korban Gempa Bumi Maroko Bergeser ke Perdesaan

Senin, 11 September 2023 - 22:38 WIB
loading...
Fokus Penyelamatan Korban Gempa Bumi Maroko Bergeser ke Perdesaan
Tim penyelamat gempa fokus mencari korban selamat di wilayah pedesaan Maroko. Foto/Reuters
A A A
MARAKESH - Tim penyelamat pergi desa-desa yang menjadi puing-puing untuk mencari korban selamat dari gempa bumi paling mematikan di Maroko dalam lebih dari enam dekade. Mereka dalam perlombaan putus asa melawan waktu ketika jumlah korban tewas meningkat menjadi hampir 2.500 dan skala kehancuran menjadi lebih jelas.

Tim pencari dari Spanyol, Inggris dan Qatar bekerja sama dalam upaya untuk menemukan orang-orang yang terkubur di bawah puing-puing setelah gempa berkekuatan 6,8 skala richter melanda Jumat malam di Pegunungan High Atlas, dengan pusat gempa 72 km barat daya Marrakesh.

Banyak korban yang selamat menghabiskan malam ketiganya di luar, rumah mereka hancur atau menjadi tidak aman. Kantor berita negara melaporkan jumlah korban tewas kini mencapai 2.497 orang dan 2.476 orang terluka.

Rekaman dari desa terpencil Imi N'Tala, yang difilmkan oleh penyelamat Spanyol Antonio Nogales dari kelompok bantuan Bomberos Unidos Sin Fronteras (Persatuan Pemadam Kebakaran Tanpa Batas), menunjukkan pria dan anjing memanjat lereng curam yang tertutup puing-puing.

“Tingkat kehancurannya… mutlak,” kata Nogales, berjuang menemukan kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang dilihatnya, dilansir Reuters.

“Tidak ada satu rumah pun yang tetap berdiri tegak. Kami akan memulai pencarian dengan anjing dan melihat apakah kami dapat menemukan orang yang masih hidup.”

Di Imgdal, sebuah desa sekitar 75 km selatan Marrakesh, perempuan dan anak-anak berkumpul pada Senin pagi di bawah tenda darurat yang didirikan di sepanjang jalan dan di samping bangunan yang rusak. Lebih jauh ke selatan, sebuah mobil berdiri tertimpa batu-batu besar yang jatuh dari tebing.

Di desa Tafeghaghte, Hamid ben Henna menggambarkan bagaimana putranya yang berusia delapan tahun meninggal di bawah reruntuhan setelah dia pergi mengambil pisau dari dapur untuk memotong melon saat keluarga tersebut sedang makan malam. Anggota keluarga lainnya selamat.


Rumah Bata Lumpur Hancur

Fokus Penyelamatan Korban Gempa Bumi Maroko Bergeser ke Perdesaan

Foto/Reuters

Karena sebagian besar zona gempa berada di daerah yang sulit dijangkau, pihak berwenang belum mengeluarkan perkiraan jumlah orang hilang.

Jalan yang tertutup atau terhalang oleh bebatuan membuat akses ke lokasi yang paling parah terkena dampaknya menjadi lebih sulit.

Dalam perjalanan menuju kota Adassil, tidak jauh dari pusat gempa, petugas penyelamat Ayman Koait berusaha membersihkan bebatuan yang menghalangi lalu lintas.

“Ada jalan-jalan yang lebih buruk lagi yang masih diblokir dan kami mencoba membukanya juga,” katanya, ketika mobil-mobil van yang memuat bantuan berjalan di sepanjang jalur sempit yang sudah dibersihkan.

Banyak bangunan yang mudah runtuh, termasuk rumah-rumah bata lumpur tradisional, batu, dan kayu kasar yang ada di mana-mana, salah satu fitur indah yang menjadikan High Atlas sebagai magnet bagi wisatawan.

“Sulit untuk menarik orang keluar hidup-hidup karena sebagian besar dinding dan langit-langit berubah menjadi puing-puing ketika jatuh, mengubur siapa pun yang berada di dalam tanpa meninggalkan ruang udara,” kata seorang prajurit militer, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena peraturan militer.

Kerusakan terhadap warisan budaya Maroko mulai muncul secara bertahap. Bangunan di kota tua Marrakesh, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, rusak. Gempa tersebut juga menimbulkan kerusakan besar pada Masjid Tinmel abad ke-12 yang bersejarah dan terletak di daerah pegunungan terpencil yang dekat dengan pusat gempa.

Gempa tersebut merupakan gempa bumi paling mematikan di negara Afrika Utara sejak tahun 1960, ketika gempa tersebut diperkirakan telah menewaskan sedikitnya 12.000 orang, dan yang paling dahsyat setidaknya sejak tahun 1900, menurut Survei Geologi AS.


Bantuan Internasional Berdatangan

Fokus Penyelamatan Korban Gempa Bumi Maroko Bergeser ke Perdesaan

Foto/Reuters

Para penyintas yang berjuang untuk mendapatkan tempat berlindung dan perbekalan menggambarkan respons pemerintah yang lamban, meski tampaknya semakin cepat pada hari Senin.

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi pada hari Minggu, juru bicara pemerintah Mustapha Baytas mengatakan segala upaya sedang dilakukan di lapangan.

Tentara mengatakan pihaknya memperkuat tim pencarian dan penyelamatan, menyediakan air minum dan mendistribusikan makanan, tenda dan selimut.

Baik Raja Mohammed VI maupun Perdana Menteri Aziz Akhannouch belum memberikan pidato sejak bencana tersebut.

Maroko telah menerima tawaran bantuan dari Spanyol dan Inggris, yang keduanya mengirimkan spesialis pencarian dan penyelamatan dengan anjing pelacak, dari Uni Emirat Arab, dan dari Qatar, yang mengatakan pada hari Minggu bahwa tim pencarian dan penyelamatan sedang dalam perjalanan.

Uni Eropa mengatakan pihaknya menyalurkan bantuan awal sebesar 1 juta euro (USD1,07 juta) kepada organisasi bantuan non-pemerintah di Maroko.

TV pemerintah mengatakan pemerintah telah menilai kebutuhan dan mempertimbangkan pentingnya mengoordinasikan upaya bantuan sebelum menerima bantuan, dan pemerintah mungkin akan menerimanya.

Baik Prancis maupun Jerman meremehkan pentingnya Maroko yang tidak segera menerima tawaran bantuan mereka.

Jerman mengatakan pada hari Senin bahwa mereka tidak melihat indikasi bahwa keputusan tersebut bersifat politis, sementara Prancis mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka siap membantu kapan pun Maroko mengajukan permintaan resmi dan kontroversi apa pun mengenai masalah tersebut “tidak pada tempatnya”.

Paris dan Rabat memiliki hubungan yang sulit dalam beberapa tahun terakhir, terutama terkait masalah Sahara Barat, wilayah sengketa yang Maroko ingin Prancis akui sebagai wilayah Maroko. Maroko belum memiliki duta besar di Paris sejak Januari.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)