Tim Penyelamat Berlomba untuk Menemukan Korban Selamat Gempa Maroko

Minggu, 10 September 2023 - 14:47 WIB
loading...
Tim Penyelamat Berlomba untuk Menemukan Korban Selamat Gempa Maroko
Tim penyelamat berusaha keras menyelamarkan korban gempa di Maroko. Foto/Reuters
A A A
MARAKESH - Tim penyelamat yang mencari korban selamat menggali puing-puing rumah yang runtuh di desa-desa pegunungan terpencil di Maroko . Angkatan bersenjata Marokok didesak untuk bertindak setelah gempa bumi paling mematikan di negara itu dalam lebih dari 60 tahun.

Pihak berwenang mengumumkan tiga hari berkabung nasional setelah gempa berkekuatan 6,8 skala Richter menewaskan lebih dari 2.012 orang dan melukai 2.059 orang, dan banyak yang kehilangan tempat tinggal.

Raja Maroko Mohammed VI memerintahkan angkatan bersenjata untuk memobilisasi tim pencarian dan penyelamatan khusus dan rumah sakit lapangan bedah, menurut pernyataan dari militer.

Gempa yang melanda pegunungan High Atlas di Maroko pada Jumat malam merusak bangunan bersejarah di Marrakesh – kota terdekat dengan pusat gempa – sementara sebagian besar korban jiwa dilaporkan di daerah pegunungan di selatan di provinsi Al-Haouz dan Taroudant.



Di desa pegunungan Tafeghaghte dekat pusat gempa, hampir tidak ada bangunan yang masih berdiri. Batu bata tanah liat tradisional yang digunakan oleh penduduk Berber di wilayah tersebut terbukti tidak mampu menghadapi gempa yang jarang terjadi ini.

“Tiga cucu saya dan ibu mereka tewas – mereka masih tertimbun reruntuhan,” kata warga desa Omar Benhanna, 72 tahun, kepada AFP. “Beberapa saat yang lalu, kami semua bermain bersama.”

Pusat gempa berada di kedalaman 18,5 km (11,5 mil) dan terjadi sekitar 72 km (44 mil) timur laut Marrakesh, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Lahcen Haddad, seorang senator Maroko dan mantan menteri, mengatakan pihak berwenang merespons dengan cepat meski menghadapi banyak tantangan, termasuk medan yang sulit.

“Pihak berwenang Maroko… membawa orang-orang ke rumah sakit di Marrakesh. Ada seruan untuk mendonorkan darah. Setelah gempa Al Hoceima pada tahun 2004, [pihak berwenang] menyusun rencana besar untuk melakukan intervensi cepat,” katanya kepada Al Jazeera.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)