Kenapa Politik AS Dikuasai Manula? Berikut 7 Faktanya

Minggu, 10 September 2023 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Senator California Dianne Feinstein (saat ini berusia 90 tahun), menjual saham senilai lebih dari USD6 juta di Allogene Therapeutics; Richard Burr, mantan ketua Komite Intelijen Senat, menjual saham dengan perkiraan nilai antara USD628.033 dan USD1,72 juta; Senator Partai Republik Oklahoma Jim Inhofe, saat itu berusia 86 tahun, menjual saham senilai sekitar USD400.000.

Mungkin temuan yang paling mengejutkan mengenai insider trading melibatkan Senator Kelly Loeffler, yang bersama suaminya Jeffrey Sprecher, ketua Bursa Efek New York, melakukan dua puluh tujuh transaksi untuk menjual saham senilai antara USD1.275.000 dan USD3.100.000. Mereka juga membeli saham Citrix Systems, yang mengalami peningkatan pendapatan setelah wabah Covid-19.

Meskipun transaksi-transaksi ini jelas-jelas merupakan pelanggaran terhadap UU Perdagangan Saham, tidak ada tuntutan yang diajukan terhadap para pegawai negeri ini dan semua penyelidikan atas masalah ini diam-diam disembunyikan di bawah karpet kongres tanpa penjelasan.

"Meskipun pasti ada politisi, baik muda maupun tua, yang memanfaatkan jabatan mereka untuk keuntungan pribadi, mungkin memilih untuk tetap menjabat jauh setelah ‘tanggal berakhirnya’, berapa banyak yang masih bisa ditebak oleh siapa pun," kata Bridge.

"Namun kenyataannya jelas bahwa keuntungan finansial merupakan salah satu faktor motivasi untuk menjaga masyarakat tetap berada dalam lingkaran kekuasaan selama mungkin. Namun apakah batasan masa jabatan merupakan jawaban untuk mengakhiri gelombang keserakahan dan gerontokrasi yang menyerang Capitol Hill? Secara pribadi, saya meragukannya," ujar Bridge.

6. Perlu Pembatasan Masa Jabatan dan Usia

Kenapa Politik AS Dikuasai Manula? Berikut 7 Faktanya

Foto/Reuters

Argumen terbaik yang dapat diajukan terhadap batasan masa jabatan Kongres adalah bahwa hal tersebut anti-demokrasi.

"Kongres membutuhkan lebih banyak wajah baru yang memiliki akses terhadap dana kampanye yang kini dinikmati oleh sebagian besar petahana – petahana, yang telah menjadi pilihan terpercaya dari berbagai sponsor perusahaan dan Super PACS selama bertahun-tahun," kata Bridge.

Dalam kondisi seperti ini, hampir mustahil bagi persaingan baru untuk memasuki dunia politik Amerika yang sangat eksklusif.

Bagaimana cara menyeimbangkan timbangan? "Salah satu kemungkinannya adalah dengan memberlakukan usia pensiun wajib, misalnya 75 tahun, dan membiarkan pemilih Amerika menentukan berapa lama masa jabatan yang boleh dijalani oleh seorang pejabat terpilih hingga saat itu," tutur Bridge.

7. Perlu Mengubah Persepsi Pengalaman Bukan Segalanya

Kenapa Politik AS Dikuasai Manula? Berikut 7 Faktanya

Foto/Reuters

Meskipun tidak ada solusi yang mudah dilakukan, kita harus mengingat kembali debat presiden tahun 1984 antara Ronald Reagan dan Walter Mondale.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0897 seconds (0.1#10.140)