Kenapa Politik AS Dikuasai Manula? Berikut 7 Faktanya

Minggu, 10 September 2023 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Namun baik Partai Demokrat maupun Partai Republik, yang keduanya merupakan calon presiden terdepan, tidak berada dalam posisi untuk menuntut batasan masa jabatan dan tes kemampuan kognitif.

3. Sebagian Rakyat AS Tidak Suka Dipimpin Presiden Manula

Kenapa Politik AS Dikuasai Manula? Berikut 7 Faktanya

Foto/Reuters

Dari sudut pandang sejarah, menarik untuk dicatat bahwa di antara 46 orang yang menjabat sebagai presiden AS sejak pemilihan George Washington pada tanggal 30 April 1789, baru Dwight D. Eisenhower, yang terpilih pada tanggal 20 Januari 1953, yang Amerika memiliki pemimpin pertamanya yang berusia 70 tahun di Ruang Oval – dan baru saja.

Eisenhower, yang pertama kali terpilih saat berusia 62 tahun, meninggalkan jabatannya saat berusia 70 tahun, 98 hari. Dengan Joe Biden, 80 tahun, dan Donald Trump, 77 tahun, Amerika mempunyai pemimpin tertua pertama dan kedua.

Dalam survei baru yang dilakukan The Wall Street Journal, yang dilakukan antara 24 dan 30 Agustus, 60% dari 1.500 responden mengatakan mereka tidak percaya Joe Biden secara mental siap untuk menjabat sebagai presiden, dan 73% mengatakan dia terlalu tua untuk posisi tersebut.


4. Politikus AS Hanya Mengejar Uang

Kenapa Politik AS Dikuasai Manula? Berikut 7 Faktanya

Foto/Reuters

Hal ini menimbulkan pertanyaan: mengapa begitu banyak politisi bertekad untuk tetap menjabat jauh setelah usia pensiun rata-rata? Apa yang membuat pegawai negeri ini ingin terus bekerja hingga usia tujuh puluhan, delapan puluhan, dan bahkan sembilan puluhan, seperti yang terjadi pada Senator Strom Thurmond? Apakah pelayanan publik memang menarik?

Lagi pula, banyak legislator AS yang bisa memanfaatkan pintu putar yang terkenal antara Capitol Hill dan K Street, sebuah kemitraan yang sangat dipertanyakan yang menempatkan anggota parlemen ke posisi yang menguntungkan di dunia usaha sebagai pelobi, konsultan, dan ahli strategi setelah mereka pensiun.

"Atau mungkin keengganan untuk pensiun dari gedung Kongres hanya karena keinginan untuk mendapatkan lebih banyak uang daripada yang bisa ditawarkan oleh dunia usaha?" ungkap Bridge.

"Para penghuni di Capitol Hill – setengahnya adalah jutawan – berada dalam posisi yang tepat untuk memperkaya diri mereka sendiri berkat akses mereka terhadap informasi orang dalam," imbuh Bridge.

5. Banyak Permainan dan Lobi Khusus

Skandal insider trading di Kongres pada tahun 2020 memberikan contoh sempurna mengenai hal ini. Pada tanggal 24 Januari 2020, Senat mengadakan rapat tertutup untuk memberi penjelasan kepada anggota parlemen tentang wabah Covid-19 dan dampaknya terhadap Amerika Serikat.

Usai pertemuan tersebut, sejumlah anggota Senat segera mulai melepaskan sahamnya di perusahaan-perusahaan yang pada akhirnya akan mengalami kerugian finansial yang parah akibat pandemi ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)