Kenapa Politik AS Dikuasai Manula? Berikut 7 Faktanya

Minggu, 10 September 2023 - 19:19 WIB
loading...
Kenapa Politik AS Dikuasai Manula? Berikut 7 Faktanya
Politik AS dikuasai orang berusia tua sehingga perlunya regenerasi. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Pekan lalu, calon presiden dari Partai Republik Nikki Haley, dalam serangan cerdik terhadap Presiden AS Joe Biden, 80, dan lawan utamanya, Donald Trump yang berusia 77 tahun. Haley menyerukan batasan masa jabatan dan tes kompetensi mental bagi politisi yang berusia di atas tahun 75, mengatakan bahwa “mereka harus membiarkan generasi muda mengambil alih.”

“Rakyat Amerika mengatakan ini saatnya untuk pergi. Jika mereka menyetujui batasan masa jabatan, rakyat Amerika akan menunjukkan hal itu,” kata mantan duta besar PBB berusia 51 tahun itu dalam sebuah wawancara di acara Face the Nation di CBS. “Tetapi sampai saat itu tiba, mereka harus mengetahui bahwa, lihat, kami menghargai pengabdian Anda, tetapi inilah saatnya untuk menjauh.”

Berikut adalah 7 fakta kenapa politik AS dikuasai manula.

1. Politikus Tua AS Sudah Tampak Pikun

Kenapa Politik AS Dikuasai Manula? Berikut 7 Faktanya

Foto/Reuters

Pernyataan Haley muncul hanya beberapa hari setelah Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell, pemimpin partai Senat terlama sepanjang masa, menunjukkan kepikunan sebanyak dua kalinya dalam beberapa bulan selama konferensi pers.

Sama seperti Joe Biden, presiden Amerika tertua yang selalu memiliki petugas di dekatnya untuk memandu dia ketika dia keluar dari jalur yang sulit, seorang asisten dengan cepat datang untuk menyelamatkan McConnell.

"Komedi tragis yang terjadi kemudian menimbulkan rasa ngeri ketika seorang politisi tidak mampu menemukan jalan keluarnya, atau melontarkan kesalahan-kesalahan yang disesalkan, seperti halnya keahlian Biden," kata Robert Bridge, pakar politik AS, dilansir RT.

McConnell hanya dapat memahami pertanyaan para wartawan dengan bantuan ajudannya, yang harus mengulanginya dengan keras di telinganya. Namun, petinggi Partai Republik itu hanya berhasil menjawab satu dari tiga pertanyaan, dan nyaris saja, sebelum konferensi pers ditutup dengan tergesa-gesa.

Kantor McConnell menjelaskan bahwa Senator berusia 81 tahun itu “merasa pusing sesaat dan berhenti sejenak selama konferensi persnya.”


2. Rata-Rata Anggota Parlemen AS di Atas 70 Tahun

Kenapa Politik AS Dikuasai Manula? Berikut 7 Faktanya

Foto/Reuters

Haley adalah salah satu dari sedikit politisi di AS yang secara terbuka mengakui hal yang sulit untuk diabaikan: Capitol Hill, yang menampung 105 anggota parlemen berusia di atas 70 tahun, mulai menyerupai rumah pensiun yang didanai pembayar pajak.

Menurut data Pew Research Center, usia rata-rata anggota DPR adalah 57,9 tahun, sedangkan di Senat median usianya adalah 65,3 tahun, sehingga merupakan salah satu badan legislatif tertua di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)