1 Tahun Inggris Tanpa Ratu Elizabeth, Berikut 5 Perubahan yang Terjadi

Sabtu, 09 September 2023 - 18:25 WIB
loading...
A A A
“Inggris sekarang menjadi negara multinasional dengan devolusi di empat bagian dan dia mengunjungi setiap bagian Inggris setelah aksesinya, dan saya pikir dia sangat sensitif dan sadar akan hal itu,” jelas profesor peneliti di Pusat Politik dan Pemerintahan Inggris di King's Perguruan Tinggi London. “Dan juga, sangat sensitif dan sadar akan fakta bahwa Inggris adalah masyarakat multikultural.”

Dia melanjutkan bahwa Charles adalah “Raja modern” dan “bisa dibilang lebih sensitif terhadap aspek-aspek baru ini dibandingkan mendiang Ratu.”

3. Tidak Banyak Hal Radikal yang Terjadi

1 Tahun Inggris Tanpa Ratu Elizabeth, Berikut 5 Perubahan yang Terjadi

Foto/Reuters

Tahun pertama Charles naik takhta sangat baik, menurut Craig Prescott, pakar hukum tata negara dan dosen di Royal Holloway, Universitas London.

“Bagi banyak orang, yang ada hanyalah kekhawatiran mengenai memiliki raja baru karena ini adalah pengalaman baru bagi seluruh negeri,” kata Prescott. “Yang mengejutkan adalah tidak banyak hal radikal yang terjadi.”

Dia melanjutkan: “Ada banyak diskusi selama 30 tahun terakhir tentang seperti apa Raja Charles nantinya dan sebenarnya dia mengikuti pola ibunya dengan sangat cermat. Tahun ini sebagai sebuah kesinambungan, bukan perubahan.”

4. Mengubah Pendekatan ke Masyarakat yang Apatis

1 Tahun Inggris Tanpa Ratu Elizabeth, Berikut 5 Perubahan yang Terjadi

Foto/Reuters

Hal ini tampaknya tercermin dalam jajak pendapat baru-baru ini di Inggris yang menemukan bahwa mayoritas orang yang disurvei merasa Raja melakukan “pekerjaan dengan baik” sejak ia menjabat. Namun, data tersebut memperkuat perpecahan generasi mengenai apakah Inggris harus terus memiliki monarki, dengan dukungan yang menurun seiring bertambahnya usia responden.

Prescott mengatakan pendekatan Raja sejak mengambil alih jabatan sedikit lebih tajam dan dia telah mengatasi beberapa sikap apatis masyarakat dengan membuat penyesuaian yang rumit sambil terus mencari ruang lingkup apa yang bisa dia lakukan dalam peran barunya.

Ia menunjukkan bagaimana sang raja menggabungkan upacara penobatan tradisional sambil menyesuaikannya dengan Inggris modern melalui beberapa pilihan musik kontemporernya dan jemaat yang diundang sebagai contoh bagaimana ia membuat perubahan kecil. Dia menambahkan bahwa “ada juga beberapa keterlibatan dengan elemen keberagaman dan inklusi.”

5. Modernisasi Kerajaan Inggris Terus Berjalan

1 Tahun Inggris Tanpa Ratu Elizabeth, Berikut 5 Perubahan yang Terjadi

Foto/Reuters

Menurut Bogdanor, memperkuat dukungan terhadap institusi kuno di Inggris modern, khususnya di kalangan generasi muda, akan menjadi tantangan yang akan terus dihadapi Raja.

“Monarki tidak bisa dibiarkan begitu saja dan harus terus berjalan mengikuti perkembangan zaman. Jika bergerak terlalu jauh, ia akan kehilangan dukungan. Jika tidak bergerak sama sekali, maka ia kehilangan dukungan. Triknya adalah mendapatkan keseimbangan yang tepat,” kata Bogdanor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)