8 Keunggulan Kapal Selam Nomor 841 Kim Kun Ok, Tebar Ancaman ke Korea Selatan dan AS dengan Rudal Nuklir

Sabtu, 09 September 2023 - 20:30 WIB
loading...
A A A
“Mencapai perkembangan pesat kekuatan angkatan laut kita… merupakan prioritas yang tidak dapat ditunda mengingat… gerakan agresif dan tindakan militer musuh baru-baru ini,” kata pemimpin Korea Utara dalam pidatonya, yang tampaknya mengacu pada Amerika Serikat dan Korea Selatan.

7. Fokus Rudal Nuklir Jarak pendek

8 Keunggulan Kapal Selam Nomor 841 Kim Kun Ok, Tebar Ancaman ke Korea Selatan dan AS dengan Rudal Nuklir

Foto/Reuters

"Penunjukan sebagai kapal selam taktis menunjukkan bahwa kapal tersebut tidak membawa rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM) yang dapat mencapai daratan AS, melainkan SLBM jarak pendek yang lebih kecil atau rudal jelajah yang diluncurkan dari kapal selam (SLCM) yang mampu menyerang Korea Selatan, Jepang, atau target regional lainnya," kata Choi Il, pensiunan kapten kapal selam Korea Selatan, dilansir Reuters.

Bagian belakang layar kapal selam – menara yang menonjol keluar dari bagian atas lambung – diperluas dan 10 tabung peluncuran vertikal, 4 besar dan 6 kecil, dipasang, kemungkinan untuk SLBM dan SLCM.

Korea Utara telah melakukan uji coba SLBM dan SLCM.

Shin mengatakan diperlukan waktu satu tahun atau lebih untuk mengevaluasi kapal baru di laut, sehingga pengerahan segera mungkin terbatas.

Tidak jelas apakah Korea Utara telah sepenuhnya mengembangkan miniatur hulu ledak nuklir yang diperlukan untuk rudal semacam itu. Para analis mengatakan bahwa menyempurnakan hulu ledak yang lebih kecil kemungkinan besar akan menjadi tujuan utama jika Korea Utara melanjutkan uji coba nuklirnya.

8. Memperkuat Armada Kapal Selam Korea Utara

8 Keunggulan Kapal Selam Nomor 841 Kim Kun Ok, Tebar Ancaman ke Korea Selatan dan AS dengan Rudal Nuklir

Foto/Reuters

Korea Utara memiliki sekitar 20 kapal selam kelas Romeo, yang ditenagai oleh mesin diesel-listrik dan sudah ketinggalan zaman menurut standar modern, dan sebagian besar negara lain hanya mengoperasikannya sebagai kapal pelatihan.

Para analis pertama kali melihat tanda-tanda bahwa setidaknya satu kapal selam baru sedang dibangun pada tahun 2016, dan pada tahun 2019 media pemerintah menunjukkan Kim sedang memeriksa kapal selam yang sebelumnya tidak dilaporkan yang dibangun di bawah “perhatian khususnya” yang akan beroperasi di lepas pantai timur.

Korea Utara memiliki armada kapal selam yang besar namun hanya kapal selam rudal balistik eksperimental 8.24 Yongung yang diketahui telah menembakkan rudal.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)