8 Keunggulan Kapal Selam Nomor 841 Kim Kun Ok, Tebar Ancaman ke Korea Selatan dan AS dengan Rudal Nuklir

Sabtu, 09 September 2023 - 20:30 WIB
loading...
A A A

2. Mengangkut 10 Rudal Berkekuatan Nuklir

8 Keunggulan Kapal Selam Nomor 841 Kim Kun Ok, Tebar Ancaman ke Korea Selatan dan AS dengan Rudal Nuklir

Foto/Reuters

Analisis foto kapal selam baru yang diberi nama Hero Kim Kun Ok ini menunjukkan bahwa kapal tersebut dapat mengangkut dan meluncurkan 10 rudal Pukguksong-3 secara diam-diam saat masih menyelam.

Ini merupakan lompatan besar dalam kemampuan Korea Utara.

Rudal jarak jauh yang diluncurkan dari darat akan segera terlihat dan dilacak ketika baterai anti-rudal disiagakan. Namun, secara teori, kapal selam baru ini akan mampu melakukan perjalanan di bawah air dan mendekati sasarannya secara diam-diam.

Semakin dekat kapal selam, semakin sedikit jarak yang dibutuhkan rudal untuk mencapai sasarannya, sehingga memberikan sedikit waktu bagi sasaran untuk bereaksi dan mempertahankan diri.

Rudal itu sendiri berbahan bakar padat dan memiliki jangkauan 1.900 km. Selain itu, sudut peluncuran rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM) dapat menjadi masalah bagi sistem rudal anti-balistik, seperti sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD).

THAAD dirancang untuk mencegat dan menghancurkan rudal balistik selama fase terakhir penerbangannya dan dikerahkan ke Korea Selatan pada tahun 2017.

Sudut peluncuran, waktu di udara, dan jarak sasaran menjadikan Pukguksong-3 sebagai tambahan yang kuat dalam persenjataan negara, mampu mengirimkan hulu ledak nuklir ke mana pun dalam jangkauannya, dengan sedikit atau tanpa peringatan.

3. Menebar Ancaman ke Korea Selatan dan Amerika Serikat

8 Keunggulan Kapal Selam Nomor 841 Kim Kun Ok, Tebar Ancaman ke Korea Selatan dan AS dengan Rudal Nuklir

Foto/Reuters

Korea Utara sudah mempunyai kemampuan untuk menyerang negara tetangganya, Korea Selatan, dari lokasi peluncuran bergerak di darat, dengan kecil kemungkinan semuanya dapat dicegat.

Kapal selam ini memberi Korea Utara kemampuan ofensif di seluruh wilayah yang belum pernah mereka miliki sebelumnya dan dirancang untuk melakukan perlawanan terhadap musuh potensial di Pasifik, seperti pangkalan Jepang atau Amerika Serikat di Guam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)