Data Rusia: Air Limbah Nuklir Fukushima Belum Buat Ikan Tercemar Radioaktif

Jum'at, 01 September 2023 - 17:52 WIB
loading...
A A A
Beijing menyebutnya “sangat egois dan tidak bertanggung jawab” dan memberlakukan larangan menyeluruh terhadap produk makanan laut Jepang.

Dalam upaya meredakan kekhawatiran di dalam dan luar negeri, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan tiga menteri kabinetnya duduk untuk makan pada Rabu, berbagi sashimi yang terbuat dari gurita, dan ikan bass yang ditangkap di lepas pantai Fukushima.

Kishida menyebut makanan tersebut “sangat enak” dan mendorong orang-orang menikmati makanan laut yang “aman dan lezat” dan dengan demikian mendukung prefektur Fukushima.

Aksi serupa juga dilakukan Duta Besar AS untuk Jepang, Rahm Emanuel, yang mengunjungi kota Fukushima pada Kamis dan makan siang seafood bersama wali kotanya.

Emanuel mengklaim, “Paksaan ekonomi terhadap Jepang, pelecehan dan disinformasi baik di Jepang maupun di sekitarnya berasal dari buku pedoman China.”

Dia berjanji Washington akan mendukung Tokyo jika Jepang memenuhi janjinya dan mengajukan keluhan ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) atas larangan makanan laut yang dilakukan Beijing.

“AS akan melakukan hal tersebut bukan hanya karena mereka (Jepang) adalah sekutunya, namun karena ada legitimasi terhadap kasus tersebut,” ujar duta besar tersebut.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)