4 Negara yang Terimbas Peta Baru China, dari India hingga Malaysia

Kamis, 31 Agustus 2023 - 13:16 WIB
loading...
A A A
Selama bertahun-tahun klaim yang mengatakan bahwa Taiwan merupakan wilayah China selalu ditolak oleh Taipei.

Jeff Liu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Taiwan, mengungkapkan, “Republik Rakyat China tidak pernah memerintah Taiwan. Ini adalah fakta dan status quo yang diakui secara universal oleh komunitas internasional.”

4. Malaysia


Malaysia, salah satu negara yang terlibat klaim Laut China Selatan, juga menentang peta baru China. Sebab peta tersebut mengeklaim fitur-fitur yang disengketakan dan sebagian besar zona ekonomi eksklusif (ZEE) negara tersebut.
Hukum internasional mengakui hak suatu negara atas sumber daya maritim di ZEE-nya, yang terbentang hingga 200 mil laut dari garis pantai.

Kementerian Luar Negeri Malaysia mengatakan peta baru China ini menguraikan sebagian perairan Malaysia di dekat Sabah dan Sarawak sebagai milik China.

Selain negara-negara tersebut, ada pula negara lain yang khususnya terlibat sengketa Laut China Selatan, seperti Filipina, Vietnam, dan Brunei, ikut membahas masalah ini.

Meski begitu, Kementerian Luar Negeri China mengatakan publikasi peta tersebut adalah “praktik rutin dalam pelaksanaan kedaulatan China sesuai dengan hukum.”

"Kami berharap pihak-pihak terkait dapat tetap objektif dan tenang, dan menahan diri untuk tidak menafsirkan masalah ini secara berlebihan,” kata juru bicara kementerian tersebut, Wang Wenbin.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)