Geger Peta Baru Tiongkok Caplok Wilayah, India Didesak Serang China

Rabu, 30 Agustus 2023 - 12:29 WIB
loading...
A A A
Gandhi memimpin Kongres Nasional India, oposisi utama terhadap Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin Perdana Menteri Modi.

Berbicara awal bulan ini, Gandhi mengeklaim tentara China telah “mengambil alih” wilayah India di Ladakh, bertentangan dengan klaim Modi bahwa “tidak satu inci pun” tanah India telah diambil alih oleh Beijing.

Pada Kamis pekan lalu, Modi mengadakan pertemuan tatap muka yang jarang terjadi dengan Presiden China Xi Jinping selama KTT BRICS di Afrika Selatan, di mana kedua pemimpin tersebut sepakat untuk mengintensifkan upaya untuk mengurangi ketegangan di sepanjang perbatasan yang diperebutkan.

Dalam pernyataan yang dirilis keesokan harinya, Kementerian Luar Negeri China mengatakan Modi dan Xi melakukan pertukaran pandangan yang jujur dan mendalam mengenai hubungan China-India saat ini.

“Kedua belah pihak harus mengingat kepentingan keseluruhan hubungan bilateral mereka dan menangani masalah perbatasan dengan baik sehingga dapat bersama-sama menjaga perdamaian dan ketenangan di wilayah perbatasan,” bunyi pernyataan tersebut.

Peta baru China ini juga berpotensi diprotes Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei karena memasukkan wilayah-wilayah sengketa di Laut China Selatan.

Pasukan China telah membangun pangkalan di pulau-pulau sengketa, baik yang dibuat secara alami maupun buatan, dalam upaya untuk memperkuat klaim mereka.

Pada bulan Juni, media Kanada;Global News, menerbitkan sebuah video yang menunjukkan sebuah kapal perang China hampir bertabrakan dengan kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat di Selat Taiwan, dan Amerika mengeklaim kapal perang tersebut “melakukan manuver dengan cara yang tidak aman".

Dan pada bulan Mei, AS menuduh pesawat tempur J-16 China melakukan “manuver agresif yang tidak perlu” terhadap pesawat militer Amerika di Laut China Selatan.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)