alexa snippet

Jenderal Sudan Selatan Membelot ke Pemberontak

Jenderal Sudan Selatan Membelot ke Pemberontak
Gabriel Duop Nam memilih untuk bergabung dengan pasukan pemberontak pimpinan Wakil Presiden Riek Machar. Foto/Istimewa
A+ A-
NAIROBI - Seorang jenderal Sudan Selatan yang menjabat sebagai menteri mengundurkan diri dan memilih untuk bergabung dengan pemberontak. Ini menjadi pengunduran pejabat tingkat tinggi kedua dalam seminggu terakhir di negara yang dilanda perang itu.

Menteri Tenaga Kerja, Letnan Jenderal Gabriel Duop Nam, mengirim surat satu halaman yang mengatakan ia akan bergabung dengan pemberontak mantan wakil presiden Riek Machar. "Saya menegaskan kembali kesetiaan penuh dan komitmen terhadap kepemimpinan yang bijaksana dari H.E. Dr. Riek Machar," tulisnya seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (18/2/2017).

Dua juru bicara pemberontak telah mengkonfirmasi keaslian surat tersebut. Namun juru bicara pemerintah menolak untuk memberikan komentar.

Sebelumnya Wakil Kepala Logistik, Letnan Jenderal Thomas Cirillo Swaka, juga mengundurkan diri dari militer enam hari lalu. Namun ia tidak mengatakan bergabung dengan pemberontak.

Sudan Selatan merupakan negara termuda di dunia, namun terjebak dalam perang sipil pada tahun 2013. Perang pecah setelah Presiden Salva Kiir, dari etnis Dinka, memecat Wakil Presiden Machar yang berasal dari etnis Nuer.

Pertempuran ini diikuti dengan pembersihan etnis, dan pada bulan Desember Inggris memperingatkan bahwa hal itu akan berubah menjadi genosida. Lebih dari tiga juta dari 11 juta warga negara itu telah dipaksa meninggalkan rumah mereka.



(ian)
loading gif
Top