4 Dampak Kegagalan Pendaratan Luna-25 di Bulan bagi Rusia

Minggu, 20 Agustus 2023 - 21:55 WIB
loading...
A A A
Televisi negara Rusia menempatkan berita tentang hilangnya Luna-25 di nomor 8 dalam barisannya pada siang hari dan memberikannya liputan hanya 26 detik, setelah berita tentang kebakaran di Tenerife dan item 4 menit tentang liburan profesional untuk pilot Rusia dan kru.

3. Menghambat Proyek Antariksa Rusia

“Sistem kontrol penerbangan adalah area yang rentan, yang harus melalui banyak perbaikan,” kata Anatoly Zak, pencipta dan penerbit www.RussianSpaceWeb.com yang melacak program luar angkasa Rusia.

Zak mengatakan Rusia juga melakukan pendaratan di bulan yang jauh lebih ambisius sebelum melakukan misi orbit yang lebih sederhana - praktik yang biasa dilakukan oleh Uni Soviet, Amerika Serikat, China, dan India.

Sementara Luna-25 melampaui orbit bumi - tidak seperti misi Fobos-Grunt 2011 yang gagal ke salah satu bulan Mars - kecelakaan itu dapat berdampak pada program bulan Rusia, yang membayangkan beberapa misi lagi di tahun-tahun mendatang termasuk kemungkinan upaya bersama dengan China.

4. Manajemen Program Luar Angkasa yang Perlu Diperbaiki

Ilmuwan Rusia telah berulang kali mengeluh bahwa program luar angkasa telah dilemahkan oleh manajer yang buruk yang tertarik pada proyek luar angkasa yang tidak realistis, korupsi, dan penurunan kekakuan sistem pendidikan ilmiah Rusia pasca-Soviet.

“Sangat menyedihkan karena tidak mungkin mendaratkan pesawat itu,” kata Mikhail Marov, fisikawan dan astronom terkemuka Soviet.

Marov, 90, dirawat di rumah sakit di Moskow setelah berita kegagalan Luna-25 diumumkan, meskipun rincian penyakitnya tidak tersedia.

Marov mengatakan kepada surat kabar Moskovsky Komsomolets bahwa dia berharap alasan di balik kecelakaan itu akan didiskusikan dan diperiksa dengan seksama.

"Ini mungkin harapan terakhir bagi saya untuk melihat kebangkitan kembali program bulan kita," katanya.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)