15 Fakta Unik tentang Maui, Surga Dunia di Hawaii yang Hancur karena Kebakaran Hutan

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 17:51 WIB
loading...
A A A

4. Bisa terbang ke Hana daripada mengemudi di jalan yang berliku.

15 Fakta Unik tentang Maui, Surga Dunia di Hawaii yang Hancur karena Kebakaran Hutan

Foto/madeinmauicountyfestival

Jalan menuju Hana berkelok-kelok melalui lembah hutan hujan lebat yang dipenuhi air terjun dan tegakan buah. Jalan menuju Hana sering dikatakan lebih tentang perjalanan daripada tujuan, dan dengan 600 tikungan dan 59 jembatan, ini adalah perjalanan sehari penuh.

5. Maui adalah rumah bagi banyak iklim mikro yang berbeda.

Hutan hujan lebat, gurun alpine, pegunungan terjal: Maui adalah rumah bagi banyak iklim mikro yang berbeda. Iklim mikro adalah iklim di daerah kecil, khususnya bila berbeda dari iklim di daerah sekitarnya.

6. Lahaina pernah menjadi ibu kota Hawaii.

Jauh sebelum Hawaii menjadi negara bagian dan Honolulu dianggap sebagai ibu kota, Lahaina adalah ibu kota Kerajaan Hawaii.

Pada tahun 1820, Raja Kamehameha II menyatakan Lahaina sebagai ibu kota kerajaan. Lahaina memegang gelar tersebut hingga tahun 1845 ketika ibu kota dipindahkan ke Honolulu.

7. "Terumbu induk" Maui adalah rumah bagi karang yang berusia lebih dari 1.500 tahun.

Di sisi barat Maui, daerah Olowalu adalah rumah bagi "ibu karang" Maui. Terumbu Olowalu membentang lebih dari 1.000 hektar, dan beberapa kepala karang di sini berusia lebih dari 1.500 tahun.

8. Paus bungkuk hanya dapat terlihat pada bulan-bulan musim dingin ketika mereka bermigrasi dari Alaska untuk melahirkan.

Paus bungkuk bermigrasi ke Hawaii setiap musim dingin untuk menghindari perairan es Alaska dan melahirkan di tempat perlindungan yang hangat.

Meskipun paus dilindungi secara federal dan tidak boleh didekati dalam jarak 1.000 kaki, mereka bisa menjadi makhluk yang membuat penasaran. Dan untuk beberapa alasan, mereka tampaknya sangat tertarik dengan rakit merah khas Redline. Terkadang seekor paus yang ingin tahu akan datang langsung ke perahu untuk menyapa.

9. Tidak ada yang memakai sepatu di rumahnya di Hawaii.

15 Fakta Unik tentang Maui, Surga Dunia di Hawaii yang Hancur karena Kebakaran Hutan

Foto/madeinmauicountyfestival

Di Hawaii, mengenakan sepatu ke rumah seseorang adalah larangan besar. Itu sebenarnya dianggap tidak sopan. Jadi jika Anda diundang ke rumah penduduk setempat, tinggalkan sepatu Anda di depan pintu

10. Maui adalah rumah bagi beberapa puncak paling sering hujan di dunia.

Maui Timur dan Maui Barat memberi Gunung Waialeale di Kauai, puncak paling hujan di dunia, lari untuk uangnya. Pu'u Kukui di Pegunungan Maui Barat mengalami curah hujan rata-rata 365 inci per tahun.

"Big Bog '' di tepi Taman Nasional Haleakala melihat lebih dari 400 inci hujan setiap tahun. Badai hujan biasanya terisolasi di satu bagian pulau, tetapi karena Maui terletak di daerah tropis, tidak jarang seluruh pulau menjadi terkadang hujan.

11. Haleakala pernah berdiri ribuan kaki lebih tinggi dari sekarang dan merupakan gunung berapi aktif terbesar di Hawaii.

Haleakala adalah salah satu gunung berapi terbesar di dunia, namun dulunya jauh lebih tinggi, dengan ketinggian 12.000 kaki. Ratusan ribu tahun erosi mengikis ketinggian Haleakala sampai ke tempatnya saat ini pada ketinggian 10.023 kaki.

12. Salam standar Hawaii adalah pelukan dan ciuman di pipi.

Jabat tangan bukanlah hal yang penting di Hawaii. Sebaliknya, sapaan standar saat bertemu orang baru adalah pelukan, dan ciuman di pipi biasanya ditambahkan saat bertemu teman atau anggota keluarga bersama.

13. Pidgin adalah bahasa resmi di Negara Bagian Hawaii.

Hawaii adalah satu-satunya Negara Bagian AS dengan dua bahasa, dan Pidgin adalah salah satunya. Pidgin berasal dari era perkebunan Hawaii ketika para imigran dari negara-negara Asia/Pasifik pindah ke Hawaii untuk bekerja di industri gula.

Pidgin lahir pada pertengahan 1850-an dari campuran bahasa Inggris, Hawaii, Jepang, Cina, Portugis, dan terus berkembang dengan kedatangan orang Filipina dan Korea pada tahun 1900-an. Akibatnya, ada 600.000 penutur asli dan 400.000 penutur berbahasa Pidgin sebagai bahasa kedua.

14. Selancar ditemukan di Polinesia dan dipopulerkan oleh legenda Hawaii Duke Kahanamoku.

15 Fakta Unik tentang Maui, Surga Dunia di Hawaii yang Hancur karena Kebakaran Hutan

Foto/madeinmauicountyfestival

Hawaii dikenal sebagai tempat kelahiran selancar, dan bapak selancar adalah penduduk asli Hawaii yang terkemuka. Berselancar pernah dicadangkan untuk keluarga kerajaan, tetapi sekarang ini adalah salah satu hiburan paling populer di pulau itu. Ini berarti tidak ada kekurangan sekolah selancar juga. Belajar berselancar adalah bagian dari liburan klasik di Hawaii.

15. Terkadang turun salju di Maui!

15 Fakta Unik tentang Maui, Surga Dunia di Hawaii yang Hancur karena Kebakaran Hutan

Foto/madeinmauicountyfestival

Meskipun iklimnya hangat sepanjang tahun, kadang-kadang turun salju di Maui. Biasanya, salju terbatas di wilayah atas Haleakala, tetapi badai musim dingin yang kuat pada tahun 2019 menyebabkan salju turun di Poli Poli State Park dan mencapai ketinggian 6.000 kaki!

Ini adalah pertama kalinya salju tercatat di Taman Negara Bagian Hawaii, dan itu adalah rekor hujan salju terendah di Hawaii.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)