Waspada Ancaman Rusia dan Drone, Wilayah Udara Prancis Siaga Dua

Sabtu, 11 Februari 2017 - 19:16 WIB
Waspada Ancaman Rusia dan Drone, Wilayah Udara Prancis Siaga Dua
Waspada Ancaman Rusia dan Drone, Wilayah Udara Prancis Siaga Dua
A A A
PARIS - Pasca pesawat tempur Rusia melintas dan untuk mewaspadai ancaman serangan dari drone, angkatan udara Prancis memberlakukan siaga dua pengawasan wilayah udara. Pemberlakukan ini menghadapkan kembali bayang-bayang Perang Dingin dan masalah keamanan dalam negeri yang meningkat.

Dalam insiden terbaru yang melibatkan wilayah udara Eropa, angkatan udara Prancis mengirimkan dua jet tempur jenis Mirage dan satu Rafale guna mengawal dua pembom Rusia ke pantai Prancis dan menyerahkannya ke pesawat militer Spanyol.

Baca Juga: Bukan Cuma Inggris, Prancis Juga Cegat Pesawat Pembom Rusia

Seorang pejabat Prancis mengatakan insiden tersebut adalah keempat kalinya pesawat Rusia dicegat di pantai Prancis selama dua tahun terakhir. Itu adalah periode ketegangan antara Rusia dan negara-negara Eropa Barat terkait konflik di Suriah dan Ukraina.

Di sebuah pusat komando dalam di bawah Gunung Verdun di tenggara Prancis, pejabat angkatan udara Perancis sedang memantau apa yang terjadi selanjutnya di wilayah Utara dan siap untuk merespon.

"Kami mendeteksi pesawat Rusia relatif awal karena kita terintegrasi dalam struktur militer NATO," kata Brigadir Jenderal Pascal Delerce dalam ruang kontrol, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (11/2/2017).

"Kami tahu setidaknya lima atau enam jam sebelum mereka memiliki kesempatan untuk mencapai pantai Perancis, yang memungkinkan kita untuk menggunakan sumber daya kami," katanya.

Menurut pejabat Prancis, pembom Rusia mengambil rute yang berbeda. Terkadang terbang jauh ke selatan Gibraltar sebelum kembali, atau mengambil jalur melingkar dari St Petersburg melalui Scandinavia, barat Irlandia, Gibraltar, Suriah dan kembali ke Rusia atas Laut Kaspia.

Perancis memiliki delapan jet tempur Rafale atau Mirage dan lima helikopter yang dikerahkan 24 jam sehari yang siap Siaga untuk Reaksi Cepat.

Pada saat yang sama, angkatan udara Perancis melakukan simulasi rutin dan memantau ancaman potensial dari pesawat pribadi atau drone di wilayah udara domestik, di tengah keamanan yang meningkat di negara itu sejak serangan Paris 2015.

"Tujuannya adalah untuk membuat web pengawasan sehingga tidak ada pesawat di dalam wilayah udara Perancis atau mendekatinya tanpa diidentifikasi dan memiliki postur yang diperiksa," kata Yannick, seorang kapten yang hanya dapat diidentifikasi dengan nama pertamanya.

Laporan terbaru bahwa ISIS telah menggunakan drone untuk mencapai target dan memulai serangan di Irak atau Suriah. Kenyataan ini telah meningkatkan kesadaran akan ancaman dari kendaraan tak berawak.

"Fakta bahwa mereka bisa melepas dekat dengan target yang sebenarnya yang bertujuan memberi Anda waktu untuk bereaksi secara singkat, bahkan jika ancaman tersebut merupakan skala kecil," kata Philippe Adam.

Prancis mengatakan siap untuk menggunakan jamming atau peralatan memblokir GPS, dan bahkan satu skuadron empat elang emas yang dilatih khusus, untuk menetralisir drone.

Baca Juga: Prancis Andalkan Elang untuk Jatuhkan Drone Teroris
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3317 seconds (0.1#10.140)