Pembuangan Bom Perang Dunia II Picu Evakuasi Terbesar di Yunani

Sabtu, 11 Februari 2017 - 02:49 WIB
Pembuangan Bom Perang Dunia II Picu Evakuasi Terbesar di Yunani
Pembuangan Bom Perang Dunia II Picu Evakuasi Terbesar di Yunani
A A A
THESSALONIKI - Pembuangan bom-bom sisa Perang Dunia (PD) II memicu evakuasi sekitar 72.000 warga di Kota Thessaloniki, Yunani, pada Jumat (10/2/2017). Evakuasi warga itu tercatat yang terbesar yang pernah terjadi di Yunani.

Bom-bom dan bahan peledak itu beratnya mencapai 250kg. Bom-bom itu ditemukan di lokasi bawah tanah sedalam lima meter pada pekan lalu.

Penemunya adalah para karyawan perusahaan gas. Mereka menemukan bom-bom sisa PD II ketika memperluas area tangki bawah tanah sebuah pompa bensin di Kota Thessaloniki.

Temuan itu memicu unit penjinak bom Yunani bertindak pada hari Minggu. Pengamanan bom-bom yang berpotensi meledak itu memakan waktu beberapa jam.

Mengutip laporan surat kabar Yunani, ANA-MPA, semalam (10/2/2017), petugas penjinak bom mula-mula menghapus detonator sebelumnya mengangkut bom-bom tersebut ke lapangan tembak untuk diledakan secara terkontrol.

Rencana evakuasi itu sudah dikeluarkan otoritas pemerintah kota setempat pada hari Selasa lalu. Dalam pengumumannya, pemerintah kota seperti dikutip Reuters, Sabtu (11/2/2017), memerintahkan evakuasi warga wilayah Kordelio-Evosmos sebanyak 62.000 jiwa dan warga Ambelokipi-Menemen sebanyak 10.000 jiwa.

Pihak berwenang telah menyiapkan sekitar 100 bus dan mobil kota untuk membantu evakuasi massal itu. Petugas bahkan mendesak warga untuk menggunakan moda transportasi pribadi jika memungkinkan.

Operasi pembungan bom-bom berbahaya itu membuat pemerintah kota menetapkan status darurat dan zona di sekitar temuan bom ditutup untuk sementara.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3108 seconds (0.1#10.140)