AS Hajar Suriah dengan 14 Sanksi Tambahan, Targetnya Putra Assad

Kamis, 30 Juli 2020 - 08:33 WIB
loading...
AS Hajar Suriah dengan 14 Sanksi Tambahan, Targetnya Putra Assad
Presiden Suriah Bashar al-Assad. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menjatuhkan 14 sanksi tambahan untuk rezim Suriah yang dipimpin Presiden Bashar al-Assad. Kali ini, putra presiden Assad dijadikan target dalam sanksi tambahan ini.

Departemen Luar Negeri dan Departemen Keuangan Amerika pada hari Rabu waktu Washington mengumumkan 14 sanksi tambahan telah dijatuhkan kepada rezim Assad. Menurut AS, belasan sanksi tambahan ini sebagai upaya untuk mengakhiri perang saudara selama sembilan tahun di Suriah.

Sanksi ekonomi dan individu-individu yang jadi targetnya dimulai bulan lalu oleh pemerintah Amerika di bawah Caesar Syria Civilian Protection Act—sebuah undang-undang perlindungan sipil Suriah—yang ditandatangani oleh Presiden Donald Trump pada Desember 2019. (Baca: Sanksi Baru AS Diharapkan Beri Dampak Jangka Panjang pada Rezim Assad )

Caesar Act diambil dari nama seorang fotografer militer Suriah yang membocorkan gambar ribuan warga Suriah yang disiksa dan dibunuh di penjara yang ditempatkan di seluruh negeri.

"Militer rezim Assad telah menjadi simbol kebrutalan, penindasan, dan korupsi," kata Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo. "Mereka telah membunuh ratusan ribu warga sipil, menahan dan menyiksa demonstran damai, dan menghancurkan sekolah, rumah sakit, dan pasar tanpa memperhatikan kehidupan manusia," katanya lagi, seperti dikutip Fox News, Kamis (30/7/2020).

Empat individu dan 10 entitas yang secara aktif mendukung kekerasan Presiden Bashar al-Assad telah menjadi target sanksi terbaru Amerika. Di antara mereka yang jadi target sanksi adalah putra Assad yang telah dewasa, Hafez al-Assad.

Seorang pengusaha Suriah dan sembilan entitas lainnya yang jadi target sanksi telah dituduh terlibat dalam kekejaman yang dilakukan oleh rezim Suriah, di mana mereka dilaporkan telah memperkaya pemerintah Assad melalui pengembangan real estate mewah.

Sejak Juni lalu, Amerika telah menghajar rezim Suriah dengan sekitar 50 sanksi. Istri Presiden Assad, Asma al-Assad, ikut berada di antara mereka yang terkena sanksi Amerika.

"Saya akan membuat catatan khusus tentang penunjukan untuk pertama kalinya Asma al-Assad ...yang dengan dukungan suaminya dan anggota keluarga Akhrasnya telah menjadi salah satu pencatut perang paling terkenal di Suriah," kata Pompeo bulan lalu. (Baca juga: Suriah Bangun Hagia Sophia Baru dengan Bantuan Rusia )

Sanksi tambahan yang diumumkan hari Rabu merujuk pada dua kota Suriah yang mengalami kekejaman terkenal di bawah rezim Assad pada 2011 dan kemudian pada 2019.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0955 seconds (0.1#10.140)