Setelah Calon Presiden Tewas, Politisi Ekuador Lainnya Ditembak Mati

Rabu, 16 Agustus 2023 - 09:39 WIB
loading...
A A A
Provinsi Esmeraldas, yang terletak di perbatasan Ekuador dengan Kolombia, telah menjadi salah satu daerah yang paling parah terkena dampak kekerasan di negara itu.

Lokasinya di pantai Pasifik menjadikannya tempat yang menarik untuk memperdagangkan narkoba, khususnya kokain, ke Amerika Serikat dan Eropa.

Pada 26 Juli, Augustin Intriago, wali kota Manta, kota terbesar ketiga di Ekuador, juga ditembak mati hanya beberapa pekan setelah pemilihannya kembali pada bulan Mei.

Gelombang kekerasan terkait narkoba yang meningkat telah menyebabkan ribuan kematian di Ekuador dalam tiga tahun terakhir ketika geng-geng lokal, dibantu kartel dari Kolombia dan Meksiko, berjuang untuk mendapatkan pengaruh dan kendali atas jalan-jalan dan rute perdagangan narkoba.

Kebijakan yang dirancang untuk mengurangi kekerasan terkait narkoba telah mendominasi narasi menjelang pemilu akhir pekan ini.

Pada Sabtu, otoritas penjara memindahkan pemimpin salah satu geng paling kuat di Ekuador, Los Choneros, ke fasilitas keamanan maksimum.

Villavicencio sebelumnya menuduh pemimpin kelompok itu, Adolfo Macias, yang dikenal sebagai 'Fito', terkait dengan kartel narkoba Sinaloa yang kuat di Meksiko.

Dia mengaku menerima ancaman terhadap nyawanya dari kelompok tersebut hanya beberapa hari sebelum pembunuhannya.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)